title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS CTL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Bangunrejo, Kab. Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014) creator: Sugimun, SUSI MARYANI subject: LB Theory and practice of education subject: QA Mathematics description: Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis CTL ditinjau dari pemahaman konsep matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil SMPN 1 Bangunrejo tahun pelajaran 2013/2014 sebannyak 192 siswa yang berdistribusi pada 6 kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih 2 kelas yaitu VIII A dan VIII F. Desain yang digunakan adalah post-test only design. STAD dilaksanakan dengan menyertakan tujuh komponen CTL yang meliputi konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diketahui rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran STAD berbasis CTL lebih dari pembelajaran konvensional. Dengan demikian, disimpulkan model kooperatif tipe STAD berbasis CTL efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematika. Kata kunci : CTL, Model Kooperatif Tipe STAD, Pemahaman Konsep publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2014-08-28 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1824/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1824/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1824/3/HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1824/4/HALAMAN%20MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1824/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1824/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1824/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1824/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1824/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1824/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1824/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1824/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1824/13/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf identifier: Sugimun, SUSI MARYANI (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS CTL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Bangunrejo, Kab. Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/1824/