<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM"^^ . "Abstrak\r\n\r\nJasa SMS premium merupakan salah satu fitur baru dalam jasa telekomunikasi\r\nIndonesia. Fitur ini merupakan tambahan dari SMS yang harganya lebih mahal\r\ndaripada harga SMS biasa. Akan tetapi, tetap ada daya tarik tersendiri untuk\r\nmasyarakat dalam mengunakan layanan jasa SMS premium dikarenakan kebutuhan\r\ninformasi serta hiburan yang diberikan sangat menarik minat konsumen. Namun\r\ndalam perkembangannya, jasa ini adalah jasa yang sedang disorot oleh konsumen di\r\nIndonesia disebabkan adanya beberapa masalah dalam penggunaan jasa SMS\r\npremium. Beberapa masalah tersebut telah melanggar Pasal 4 UUPK mengenai hakhak konsumen dan tidak terpenuhinya kewajiban pelaku usaha pada Pasal 7 UUPK\r\nsehingga pengguna jasa yang dirugikan harus mendapatkan perlindungan hukum.\r\nPerlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian\r\nhukum untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen yang terdapat pada\r\nUUPK. Untuk itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah yaitu bagaimana\r\nperlindungan hukum terhadap pengguna jasa SMS premium?. Dengan pokok bahasan\r\nmeliputi bentuk pelanggaran penyedia jasa SMS premium, bentuk\r\npertanggungjawaban penyedia jasa terhadap pelanggaran dan penyelesaian sengketa\r\nkonsumen terhadap pelanggaran yang dilakukan penyedia jasa.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian normatif-empiris dengan tipe penelitian\r\ndeskriptif. Pendekatan masalah yang digunakan yaitu yuridis empiris. Jenis data yang\r\ndigunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data\r\ndilakukan dengan studi pustaka, studi dokumen dan wawancara. Metode pengolahan\r\ndata dilakukan dengan pemeriksaan data, penandaan data, rekontruksi data dan\r\nsistematisasi data. Analisis data dilakukan secara kualitatif.\r\nHasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat beberapa pelanggaran\r\nyang dilakukan penyedia jasa SMS premium terhadap pengguna jasa meliputi\r\npelanggaran terhadap hak-hak konsumen dalam UUPK, UU Telekomunikasi serta\r\nPERMENKOINFO No.01/PER/M. KOMINFO/01/2009. Atas pelanggaran tersebut,\r\nmaka penyedia jasa SMS premium harus bertanggungjawab berdasarkan kesalahan\r\ndan/atau kelalaianya yang sebagaimana diatur dalam UUPK, dan peraturan\r\nperundang-undangan di bidang Telekomunikasi. Apabila penyedia jasa yang menolak\r\ndan/atau tidak memberi tanggapan dan/atau tidak memenuhi ganti rugi atas tuntutan\r\nkonsumen maka dapat melakukan penyelesaian sengketa konsumen. Penyelesaian\r\ntersebut dapat dilakukan melalui penyelesaian sengketa konsumen dapat ditempuh\r\nmelalui pengadilan (litigasi) atau di luar pengadilan (nonlitigasi). Namun, jika dalam\r\npenggunaan jasa SMS premium terdapat banyak pengguna jasa yang dirugikan maka\r\ndapat dilakukan dengan cara gugatan class action. UUPK, UU Telekomunikasi dan\r\nPERMENKOINFO No.01/PER/M. KOMINFO/01/ 2009 mengatur tentang sanksi\r\nbagi penyedia jasa SMS premium yang melanggar hak-hak konsumen dalam\r\npenggunaan jasa SMS premium.\r\n\r\n"^^ . "2012-01-15" . . . . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "SHELLA SELVIANA"^^ . "0612011057"^^ . "SHELLA SELVIANA 0612011057"^^ . . . . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (File PDF)"^^ . . . "I.pdf"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (File PDF)"^^ . . . "V.pdf"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA\r\nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18248 \n\nASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGUNA JASA \nSHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PREMIUM\n\n" . "text/html" . . . " " . .