%0 Generic %A Robani,, TABRANI MUNIF %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1825 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi pada Pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Natar Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013) %U http://digilib.unila.ac.id/1825/ %X Think Pair Share merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang dapat merangsang aktivitas siswa untuk berpikir mandiri. Think Pair Share mempunyai tiga tahapan yaitu think, pair, dan share. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Natar Lampung Selatan semester genap Tahun Pelajaran 2012/2013?”. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Natar Lampung Selatan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B yang diambil secara purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar siswa di akhir penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Natar Lampung Selatan semester genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata kunci: Efektivitas, Think Pair Share, hasil belajar