%0 Generic %A Sumadi, TRIYANA INDAH LESTARI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1826 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EVEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang TP 2013/2014) %U http://digilib.unila.ac.id/1826/ %X Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam enam kelas sebanyak 208 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan VII E yang dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest and post-test control design. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh bahwa gain pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dari pembelajaran konvensional dengan taraf signifikansi 5%. Kesimpulan yang diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif diterapkan ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, think pair share,