%A EDY SUPARNI Sukadi %T UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR GULING DEPAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS IV SDN 6 PENENGAHAN TANJUNG KARANG PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki keterampilan sikap dalam melakukan gerak dasar roll depan dengan menggunakan alat bantu pada siswa kelas IV SD Negeri 6 Penenghan Tanjung Karang Pusat. Adapun Jenis penelitian yang Penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 6 Penengahan Tanjung karang Pusat. Yang berjumlah 28 siswa, dengan perincian 15 laki-laki dan 13 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang Penulis lakukan adalah, melalui observasi dengan menggunakan instrumen Penilaian tes keterampilan gerak dasar roll depan (forward roll) Dari hasil penelitian yang Penulis lakukan menunjukkan bahwa setiap siklus perlu adanya perbaikan hasil belajar dari gerak dasar roll depan, dan bila dilihat dari KKM pada tes awal diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar sebesar 18,18%, pada siklus kesatu diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 45,45%, ternyata dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar guling depan secara signifikan dan pada siklus kedua diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 73,73%, berdasarkan nilai rerata untuk meningkatkan hasil pembelajaran harus diberi perlakuan yang sesuai dengan metode yang telah ditetapkan. Hasil peningkatan > 50% itu artinya hasil pembelajaran gerak dasar roll depan dengan alat bantu yang digunakan menunjukan telah terjadi peningkatan. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak dasar roll depan pada siswa kelas IV SD Negeri 6 Penengahan Tanjung Karang Pusat sangat efektif setelah menggunakan alat bantu berupa matras teman sendiri %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1829