%0 Generic %A Edi Suherman, EKA YUNI YANTI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1831 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR SERVIS BAWAH DALAM BERMAIN BOLAVOLI DENGAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS IV SDN 2 FAJAR BARU TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/1831/ %X Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar servis bawah dalam bermain bola voli pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Fajar Baru Tahun Pelajaran 2011/2012dengan menggunakan modifikasi alat pembelajaran berupa penggunaan bola plastik, karet, dan voli mini . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan menggunakan tiga siklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 2 Fajar Baru Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 13 putra dan 17 putri. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi/tes dan menggunakan instrumen penilaian yaitu menggunakan tes keterampilan gerak dasar servis bawah dalam bermain bola voli. Hasil penelitian menunjukkan: pada tes awal belum ada yang tuntas atau 0 % hal ini berarti masih sangat rendahnya kemampuan gerak dasar siswa dalam melakukan gerak dasar servis bawah dalam bermain bola voli. Pada siklus pertama dengan penggunaan modifikasi alat pembelajaran berupa bola plastik diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar meningkat menjadi 16,67 %, hal itu berarti tindakan belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus kedua dengan penggunaan modifikasi alat pembelajaran berupa bola karet untuk melakukan keterampilan gerak dasar servis bawah dalam bermain bola voli diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 67,67%. Pada siklus ketiga dengan penggunaan modifikasi alat pembelajaran berupa bola voli mini untuk melakukan keterampilan gerak dasar servis bawah dalam bermain bola voli diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 90 %, hal ini berarti proses pembelajaran telah mencapai ketuntasan secara klasikal dengan peningkatan hasil belajar lebih dari 80%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran bola voli khususnya pada materi gerak dasar servis bawah dalam bermain bola voli dengan menggunakan modifikasi alat dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan gerak dasar servis bawah dalam bermain bola voli pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Fajar Baru Tahun Pelajaran 2011/2012.