<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH"^^ . "Abstrak\r\n\r\nKnalpot merupakan saluran yang dilewati gas sisa pembakaran yang di tekan keluar\r\ndari silinder. Dalam perkembangannya, knalpot ini selain berfungsi untuk meredam\r\nsuara hasil ledakan di ruang bakar juga sebagai penambah tenaga seperti yang di\r\naplikasikan pada knalpot model racing. Konsep yang digunakan di dalam penelitian\r\nini yaitu dengan memperlancar dalam penyaluran gas sisa hasil pembakaran serta\r\nmemaksimalkan efek pembakaran yang lebih bersih pada ruang bakar pada saat\r\nlangkah kompresi dengan menurunkan temperatur gas buang menggunakan radiator\r\ncollant sebagai fluida pendingin.\r\nSistem penurunan temperatur gas buang ini menggunakan prinsip kerja heat\r\nexchanger tipe double pipe dimana menggunakan dua buah pipa dengan perbedaan\r\ndiameter. Diameter pipa besar sebagai shell yaitu tempat mengalirnya fluida pendingin\r\n(radiator collant) sebagai pelepas gas panas dengan arah aliran searah (counter flow)\r\ndengan media yang didinginkan dan diameter pipa kecil sebagai tube merupakan\r\ntempat mengalirnya aliran gas buang sisa pembakaran yang akan di turunkan\r\ntemperaturnya. Penurunan temperatur gas buang dilakukan dengan interval sebanyak 3\r\nkali, di mana range penurunan temperatur setiap interval sebesar 10°C. Penelitian ini\r\nmenggunakan knalpot replika dengan jenis free low. Proses pengujian dilakukan pada\r\nmesin diesel 230 cc, empat langkah, satu silinder.\r\nDari hasil pengujian dengan menggunakan pendinginan gas buang pada header pipe,\r\ndaya engkol yang dihasilkan pada tiap putaran terjadi kenaikan yang tidak begitu\r\nsignifikan dibandingkan dengan non pendingin baik itu pada putaran 1500, 2000,\r\n2500, 3000, 3500 rpm. Peningkatan terbaik yang di peroleh terjadi pada putaran 3000\r\nrpm dengan penurunan temperatur gas buang 30° C (knalpot replika sebagai acuan).\r\nterjadi kenaikan daya engkol sebesar 0,016 kW (0,583 %). Peningkatan pemakaian\r\nbahan bakar spesifik terjadi pada putaran 3500 rpm pada selisih penurunan temperatur\r\ngas buang 20° C (knalpot replika sebagai acuan) dengan penurunan pemakaian bahan\r\nbakar spesifik sebesar 0,004 kg/kWh (2,40 %).\r\nKata kunci : Penurunan temperatur gas buang, header pipe, mesin diesel."^^ . "2012-01-15" . . . . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "Yuli Suprianto"^^ . "Nn"^^ . "Yuli Suprianto Nn"^^ . . . . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (File PDF)"^^ . . . "Bab I bakar.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (File PDF)"^^ . . . "Bab v.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG\r\nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT\r\nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18343 \n\nPENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR GAS BUANG \nDENGAN SISTEM NON INJEKSI PADA HEADER PIPE KNALPOT \nTERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4 LANGKAH\n\n" . "text/html" . . . " " . .