@article{eprints18357, month = {Januari}, title = {ANALISIS OPERASIONAL KELANDAIAN KHUSUS JALAN LUAR KOTA (Studi Kasus: Jl. Raya Kalianda, Tanjakan Tarahan Kabupaten Lampung Selatan)}, author = {KOMARUDIN NN}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/18357/}, abstract = {Abstrac Analisis yang dilakukan mengacu pada manual yang sesuai dengan kondisi arus lalu lintas di Indonesia. Dalam hal ini dilakukan analisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk memperhitungkan kinerja lalu lintas yang meliputi analisis operasional kelandaian khusus untuk ruas jalan luar kota. Selanjutnya untuk menentukan kriteria tingkat pelayanan (LOS) mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No: KM 14 Tahun 2006. Data lalu lintas diperoleh dari pencacahan jumlah kendaraan di lapangan yang dilakukan selama 2 hari (18, 20 Oktober 2009) pada jam-jam sibuk dan disajikan dalam bentuk tabel data kendaraan dan kemudian dianalisis kinerja lalu lintasnya. Untuk segmen jalan luar kota, menggunakan formulir IR-1, IR-2, dan IR-3 Spec (MKJI 1997). Berdasarkan hasil analisis kinerja pada ruas Jl. Raya Kalianda, tanjakan Tarahan Kabupaten Lampung Selatan, dengan metode MKJI 1997, pada tahun 2009 derajat kejenuhan (DS) masih memenuhi kriteria kelayakan yaitu 0,59, dengan kecepatan tempuh kendaraan ringan 37,57 km/jam dan waktu tempuh 133 detik. Sedangkan kecepatan Truk Besar 26,59 km/jam dan waktu tempuh 191 detik. Ruas jalan tersebut masuk kategori tingkat pelayanan kelas D. Kata kunci : Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Kecepatan Tempuh, Waktu Tempuh, Tingkat Pelayanan Jalan Abstract Analysis that done to threaten in manual appropriate with traffic current condition in indonesia. In this matter is done analysis uses the Indonesian Highway Capacity Manual th 1997 to calculate traffic performance that cover operational analysis specific grades to interurban roads. Furthermore to determine level of service (LOS) threaten in minister of communication regulation No: KM 14, 2006. Traffic data is get from survey vehicle total at field that done during 2 days (Octobers, 18st, 20th, 2009) in busy hours and presented in the form of vehicle data table, and then analyzed performance then rush by it. To interurban roads segment, used form IR-1, IR-2, and IR-3 spec (IHCM 1997). Based on performance analysis result in Jl. Raya Kalianda, Tarahan Kabupaten Lampung Selatan, with method IHCM th 1997, in the year 2009 saturation degrees (ds) stills to fulfil elegibility criteria that is 0,59 with actual speed light vehicle 37,57 km/ hour and travel time 133 second. While height truck speed 26,59 km/hour and travel time 191 second. Road enter class level of service (LOS) D. Key word : Road, Degree of Saturation, Actual Speed Light Vehicle, Travel Time and Level of Service (LOS).} }