%0 Generic %A Heli Harmoko,, HELI HARMOKO %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1837 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP PUKULAN FOREHAND TENISMEJA PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 LUMBOK SEMINUNG LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/1837/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data secara empiris mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran bagian terhadap peningkatan pukulan forehand tenis meja; (2) ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran keseluruhan terhadap peningkatan pukulan forehand tenismeja; dan (3) metode pembelajaran mana yang lebih meningkatkan pukulan forehand tenismeja pada siswa kelas VII SMPN 1 Lumbok Seminung Lampung Barat tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Dengan populasi sebanyak 80 siswa, namun dengan beberapa pertimbangan yang logis maka teknik sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling, sampel penelitian diambil hanya sejumlah 40 siswa secara acak. Instrumen yang digunakan ialah penilaian gerak dasar pukulan forehand pada permainan tenismeja. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t perbedaan dan uji-t pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran bagian terhadap peningkatan pukulan forehand tenismeja; kedua, ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran keseluruhan terhadap peningkatan pukulan forehand tenismeja; dan ketiga, metode pembelajaran bagian lebih baik dari pada metode pembelajaran keseluruhan terhadap peningkatan pukulan forehand tenismeja pada siswa kelas VII SMPN 1 Lumbok Seminung Lampung Barat tahun pelajaran 2012/2013.