TY - JOUR ID - eprints18398 UR - http://digilib.unila.ac.id/18398/ A1 - 0513031004, Efa Kurniati Y1 - 2010/01/15/ N2 - Indikator keberhasilan siswa dalam belajar adalah tingginya hasil belajar yang diperoleh dengan adanya nilai maksimal dalam setiap evaluasi. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa baik faktor internal (intelektif dan non intelektif) maupun faktor eksternal (lingkungan dan instrumental). Penelitian ini menggunakan pendekatan Ex Post facto dan survey dengan jumlah populasi 165 orang sedangkan sampel berjumlah 117 orang yang diambil menggunakan teknik sampel random sampling. Untuk pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi produc moment. Sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunkan korelasi ganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah (X1) dan motivasi berprestasi (X2) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester ganjil di SMA Muhammdiyah 1 Metro. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan melalui angket, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1.Ada hubungan iklim sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2009/2010, yang dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa, t hitung 5,584 > t tabel 1,980 dengan koefesien korelasi (r) sebesar 0,462 dan koefesien determinasi (r2) sebesar 21,3%, sisanya 78,7% dipengaruhi oleh faktor lain. 2. Ada hubungan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2009/2010, yang dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa, t hitung 8,895 > t tabel 1,980 dengan koefesien korelasi (r) sebesar 0,638 dan koefesien determinasi (r2) sebesar 40,8%, sisanya 59,2% dipengaruhi oleh faktor lain. 3. Ada hubungan antara iklim sekolah dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2009/2010, yang dibuktikan dari hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa, F hitung > F tabel yaitu 45,837 > 3,08 dengan koefesien korelasi (R) sebesar 0,668 dan koefesien determinasi (R2) sebesar 44,6%., dan sisanya 55,4% dipengaruhi oleh faktor lain. JF - Digital Library TI - HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009/2010 AV - public ER -