%0 Journal Article %A 0313031049, VERA SEPTYANITA %D 2012 %F eprints:18411 %J Digital Library %T PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) TERHADAP MINAT BERWIRASWASTA SISWA KELAS XI DI SMK 2 MEI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010 %U http://digilib.unila.ac.id/18411/ %X Abstrak Minat merupakan suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh, sedangkan wiraswasta mencakup sikap keberanian, keutamaan, keteladanan, dan semangat yang bersumber pada dirinya sendiri untuk mencapai kemajuan yang positif yang menjadi pangkal keberhasilan. Dapat disimpulkan minat berwiraswasta merupakan rasa ketertarikan yang bersumber dari diri sendiri untuk kemajuan yang positif untuk mencapai keberhasilan. Minat berwiraswasta siswa kelas XI SMK 2 MEI Bandar Lampung tergolong masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari tamatan tahun 2008 dari 378 siswa banyaknya siswa yang melanjutkan bekerja berwiraswasta hanya mencapai 175 siswa (46,29%). Faktor yang diduga mempengaruhi minat berwiraswasta tersebut antara lain persepsi siswa tentang mata pelajaran kewirausahaan dan pendidikan sistem ganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran kewirusahaan dan pendidikan sistem ganda terhadap minat berwiraswasta siswa. Kelas XI SMK 2 MEI Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. Metode peneliatian yang digunakan adalah deskriptif verivikatif dengan metode ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 315 siswa. Pengambilan sample berdasarkan simple random sampling. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis linier sederhana dan hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi linier ganda. Bedasarkan analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil penelitian yang menunujukkan bahwa: 1. Ada pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwiraswasta siswa kelas XI SMK 2 MEI Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini dibuktikan dengan t hitung = 12, 579 > t tabel = 1,999 dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0, 692 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,479 yang berarti bahwa minat siswa berwiraswasta dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang mata pelajaran kewirausahaan sebesar 47,9%. 2. Ada pengaruh pendidikan sistem ganda (PSG) terhadap minat berwiraswasta siswa pada siswa kelas XI SMK 2 MEI Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini dibuktikan dengan t hitung = 10,240 > t tabel = 1,999 dengan koefisien korelasi (r) 0,615 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,379 yang berarti bahwa minat berwiraswasta dipengaruhi oleh pendidikan sistem ganda. 3. Ada pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran kewirausahaan, pendidikan sistem ganda terhadap minat berwiraswasta siswa pada siswa kelas XI SMK 2 MEI Bandar Lampung 2009/2010. Hal ini dibuktikan dengan F hitung = 103,480 > F tabel = 3,896 dengan koefisien korelasi (r) 0,740 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,548 yang berarti bahwa minat berwiraswasta siswa dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang mata pelajaran kewirausahaan dan pendidikan sistem ganda (PSG) sebesar 54,8%.