%A DINA MARINTA 0443024014 %J Digital Library %T PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING DAN METODE EKSPLORASI BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Eksperimental di SLTP Negeri 1 Sungkai Utara Pada Konsep Klasifikasi Tumbuhan Tahun Pelajaran 2010/2011) %X Abstrak Hasil belajar siswa kelas VII SLTP Negeri 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara, pada saat pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan belum tercapai secara maksimal, khususnya tahun ajaran 2009. Hal ini diduga karena pada proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Untuk mengatasi hal tersebut, dalam penelitian ini telah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode belajar Inkuiri Terbimbing dan Metode Eksplorasi Berbasis Lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan metode Eksplorasi Berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIa yang menggunakan metode inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dan VIIb dengan metode pembelajaran eksplorasi berbasis lingkungan. Sampel dipilih dengan teknik Claster Dina Marinta random sampling. Data penelitian adalah kuantitatif yang berupa hasil belajar yang diperoleh dari tes pretest-postest dengan N-gain dari soal pilihan jamak. Analisis data N-gain diuji dengan uji-t pada tarap kepercayaan 5% menggunakan Sofware SPSS Versi 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan metode eksplorasi berbasis lingkungan memberikan peningkatan yang nyata terhadap hasil belajar pada konsep klasifikasi tumbuhan; (2) Rata-rata hasil belajar di kelas Eksplorasi berbasis lingkungan lebih tinggi dari pada kelas Inkuiri Terbimbing berbasis lingkungan. %D 2012 %L eprints18463