%A Boy Irawan 0543031007 %J Digital Library %T PENGARUH KONDISI KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEPATUHAN AKAN TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010 %X Abstrak Rendahnya prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu faktor tersebut adalah kepatuhan akan tata tertib sekolah. Untuk itu pemerintah, masyarakat, sekolah dan orang tua bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kondisi keluarga terhadap peningkatan kepatuhan akan tata tertib sekolah, mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap peningkatan kepatuhan akan tata tertib sekolah, dan untuk mengetahui pengaruh kondisi keluarga dan lingkungan sekolah terhadap peningkatan kepatuhan akan tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Way Tenong Tahun Pelajaran 2009/2010. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi penelitian ini adalah siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Way Tenong Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 144 siswa,dengan jumlah sampel 105 siswa diperoleh dengan menggunakan rumus TYamane dan tehnik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh kondisi keluarga terhadap peningkatan kepatuhan akan tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Way Tenong Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 28,30%. (2) ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap peningkatan kepatuhan akan tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Way Tenong Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 15,70%. (3) ada pengaruh kondisi keluarga dan lingkungan sekolah terhadap peningkatan kepatuhan akan tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Way Tenong Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 38,90%. %D 2010 %L eprints18480