title: PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DALAM BELAJAR IPS (SEJARAH) SISWA KELAS VII.1 DI SMP NEGERI I GISTING TAHUN PELAJARAN 2013/2014 creator: Luthain Said, DEWI NOVIANTI subject: HN Social history and conditions. Social problems. Social reform subject: LB Theory and practice of education description: Pendidikan memiliki suatu peran penting dalam pembentukan generasi-generasi muda penerus bangsa yang berkemampuan, cerdas dan handal dalam pelaksanaan pembangunan kehidupan berbangsa. Pendidikan yang berlangsung menuntut pada pihak-pihak yang terlibat didalamnya untuk berperan serta dalam pencapaian hasil pendidikan yang optimal. Salah satu piahak tersebut adalah guru sebagai pihak yang berperan dalam terciptanya proses pembelajaran yang menarik dan ketertarikan dalam proses belajar itu sendiri. Proses pembelajaran merupakan suatu interaksi antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Dalam suatu proses belajar mengajar terdapat salah satu aspek yang yang sangat menentukan keberhasilan tujuan tersebut yaitu pengunaan model pembelajaran yang tepat. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Gisting diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran di sekolah tersebut masih belum efektif hal ini dikarenakan belum efektifnya aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu peneliti bermaksud melakukan penelitian tindakan kelas dengan mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournamen sebagai upaya meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran IPS khususnya dalam bidang studi Sejarah. Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah untuk melihat apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournamen dapat meningkatkan aktifitas pembelajaran siswa khususnya dalam bidang studi Sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournamen dapat meningkatkan aktivitas belajar pada mata Dewi Novianti pelajaran sejarah siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 1 Gisting Tahun Pelajaran 2013/2014.Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi pengelolaan pembelajaran dan data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournamen dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dari tiap siklus. Pada siklus I terdapat 60 % aktivitas siswa yang sudah cukup baik. Siklus II terdapat 70 % aktivitas siswa yang sudah cukup baik dan siklus III terdapat 83 % aktivitas yang sudah baik. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2014-11-30 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1852/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1852/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1852/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1852/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1852/5/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1852/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1852/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1852/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1852/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1852/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1852/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1852/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1852/13/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf identifier: Luthain Said, DEWI NOVIANTI (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DALAM BELAJAR IPS (SEJARAH) SISWA KELAS VII.1 DI SMP NEGERI I GISTING TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/1852/