%0 Journal Article %A 0543024038, Rice Saputra %D 2012 %F eprints:18521 %J Digital Library %T PROFIL KEMAMPUAN GURU KELAS III DALAM MELAKUKAN PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI SE-KECAMATAN RAJA BASABANDAR LAMPUNG T.P. 2009/2010 %U http://digilib.unila.ac.id/18521/ %X Abstrak Profil kemampuan guru dalam melakukan penilaian terhadap siswa masih kurang objektif. Kurang objektifnya guru dalam melakukan evaluasi terhadap siswa disebabkan guru kurang mengetahui isi dari standar penilaian yang harus dipenuhi, selain itu juga alat evaluasi yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik dan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru kelas III dalam melakukan penilaian pada mata pelajaran IPA di SD Negeri se-Kecamatan Raja Basa Bandar Lampung T.P. 2009/2010. Metode sampling pada penelitian ini cluster random sampling, sehingga diperoleh guru kelas III SD Negeri yang mengajar IPA. Data penelitian adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif yang berupa skor kinerja guru dalam melakukan penilaian pada mata pelajaran IPA yang diperoleh dari angket dan penilaian produk soal. Sedangkan data kualitatif berupa gambaran tentang kemampuan guru dalam melakukan penilaian pada mata pelajaran IPA yang iii diperoleh dari wawancara, lembar observasi, dan studi dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan uji coba angket dan menggunakan SPSS versi 12. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari angket dan wawancara menunjukkan bahwa kemampuan guru kelas III SD Negeri dalam melakukan penilaian pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Raja Basa Bandar Lampung belum sesuai dengan standar penilaian yang telah ditetapkan dalam Permendiknas No. 20/2007. Hal ini terlihat bahwa guru memiliki kemampuan sedang dalam merencanakan penilaian, sedangkan dalam mengkonstruksikan instrumen penilaian guru memiliki kemampuan kurang dan guru berkemampuan sedang dalam menentukan nilai akhir siswa.