?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+STUDENT+TEAMS+ACHIEVEMENT+DIVISIONS+DALAM+UPAYA+MENINGKATKAN%0D%0AHASIL+BELAJAR+IPS+SISWA+KELAS+VIII+G+DI+SMP%0D%0ANEGERI+1+WAY+LIMA+TAHUN+PELAJARAN%0D%0A2013%2F2014&rft.creator=Cipto+Wardoyo%2C+ELLY+ASTUTI&rft.subject=HN+Social+history+and+conditions.+Social+problems.+Social+reform&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.description=Pendidikan+merupakan+suatu+hal+yang+sangat+penting+dalam+upaya+mencerdaskan+kehidupan+bangsa.+Keberhasilan+proses+belajar+mengajar+disekolah+tidak+terlepas+dari+peran+serta+guru+dalam+menentukan+suatu+metode+yang+efektif+sebab+metode+pembelajaran+memiliki+peran+yang+cukup+besar+dalam+proses+belajar+mengajar.+Metode+pembelajaran+harus+memiliki+oleh+setiap+guru+sebagai+strategi+dalam+mengajar+sehingga+dapat+tercapai+tujuan+pembelajaran+yang+diharapkan.namun%2C+pada+kenyataannya+dewasa+ini+masih+banyak+guru+yang+belum+memahami+benar+manfaat+dari+variasi+penggunaan+metode+itu+sendiri+sehingga+penggunaan+metode+dalam+proses+pembelajaran+masih+sangat+minim+sehingga+efektivitas+pembelajaran+di+dalam+kelas+masih+belum+optimal+sehingga+berpengaruh+pada+hasil+belajar+siswa.%0D%0ARumusan+masalah+dalam+penelitian+ini+adalah+Apakah+model+pembelajaran+kooperatif+Student+Teams+Achievement+Divisions+dapat+meningkatkan+hasil+belajar+Sejarah+pada+kelas+VIII.G+di+SMP+Negeri+I+Way+Lima.+Tujuan+dari+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+peningkatan+hasil+belajar+sejarah+siswa+setelah+dilakukannya+pembelajaran+dengan+menggunakan+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD.%0D%0ASubjek+dalam+penelitian+ini+adalah+kelas+VIII.G+di+SMP+Negeri+I+Way+Lima+dan+tekhnik+pengumpulan+data+dilakukan+dengan+menggunakan+lembar+observasi%2C+kuis%2Ftes%2C+observasi%2C+dan+dokumentasi.+data+yang+diperoleh+dalam+penelitian+ini+dianalisis+dengan+menggunakan+tekhnik+analisis+data+kualitatif%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penggunaan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+dapat+meningkatkan+hasil+belajar.+Rata-rata+hasil+belajar+siklus+I+sebesar+69%2C+meningkat+menjadi+75%2C75+di+siklus+II+dan+meningkat+lagi+pada+siklus+III+menjadi+81%2C02.+Ketuntasan+belajar+siklus+I+mencapai+70%25+(belum+tuntas)%2C+naik+pada+siklus+II+menjadi+80%25+(tuntas)+dan+naik+lagi+pada+siklus+III+menjadi+90%25+(tuntas).%0D%0AKata+kunci%3A+hasil+belajar%2C+Student+Teams+Achievement+Divisions+(STAD&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-10-12&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F1%2F3.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F2%2F2.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F3%2F4.%2520HALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F4%2F5.%2520HALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F5%2F6.%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F6%2F11.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F13%2FLAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf&rft.identifier=++Cipto+Wardoyo%2C+ELLY+ASTUTI++(2014)+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+STUDENT+TEAMS+ACHIEVEMENT+DIVISIONS+DALAM+UPAYA+MENINGKATKAN+HASIL+BELAJAR+IPS+SISWA+KELAS+VIII+G+DI+SMP+NEGERI+1+WAY+LIMA+TAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1854%2F