%A Rustini M. Rachmad %T PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII B SMP WIYATA BHAKTI NATAR LAMPUNG SELATAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %X Siswa kelas VII B SMP Wiyata Bhakti Natar Lampung Selatan memiliki karakteristik aktivitas dan hasil belajar yang belum optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang dominan melibatkan siswa sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa. Salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran metode diskusi kelompok. Tujuan penelitian tindakan kelas (classroom action research) ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VII B SMP Wiyata Bhakti Natar Lampung Selatan dengan menggunakan pembelajaran metode diskusi kelompok. Penelitian ini dilakukan di kelas VII B SMP Wiyata Bhakti Natar Lampung Selatan semester ganjil tahun 2013/2014 yang berjumlah 38 siswa dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas selama tiga siklus. Tiap-tiap siklus Rustini terdisi dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa pada siklus I adalah 62,89 dan tergolong cukup dan persentase ketuntasan siswa sebesar 60,5. Pada siklus II rata-rata hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan sebesar 1,85 dari siklus I menjadi 64,74 tergolong cukup. Persentase ketuntasan pada siklus II meningkat mencapai 68,42. Pada siklus III, nilai rata-rata pencapaian kompetensi belajar siswa naik 3,29 sehingga pencapaian rata-rata menjadi 68,03, sedangkan ketuntasan pada siklus III mencapai 76,31. Setelah dilakukan analisia data dan pembahasan dari Penelitian Tindakan Kelas ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok dalam belajar IPS dapat meningkatkan penguasaan, pemahaman materi dan dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas VII B di SMP Wiyata Bhakti Nata %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1861