@article{eprints18625, month = {Mei}, title = {PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KELAS IVB SD NEGERI 04 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 }, author = {Yana Amanto 0613053066}, year = {2010}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/18625/}, abstract = {Abstrak Materi yang kurang dikuasai oleh siswa kelas IVb SD Negeri 04 Metro Utara adalah soal cerita. Hal itu disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap soal cerita. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Masalah penelitian ini apakah dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVb SD Negeri 04 Metro Utara dalam menyelesaikan soal cerita? Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika kelas IVb SD Negeri 04 Metro Utara tahun pelajaran 2009/2010, dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah pada soal cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahapan dasar yang saling terkait dan berkesinambungan yaitu (1) Perencanaan (planning), (2) Pelaksanaan (acting), (3) Pengamatan (observing), dan (4) Refleksi (reflecting). Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, wawancara. Alat evaluasi yang digunakan berupa tes uraian untuk menjaring kemampuan penguasaan materi pembelajaran. Aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 54,8\% memperoleh predikat kurang, pada siklus II sebesar 69,6\% memperoleh predikat cukup, dan pada siklus III sebesar 76,2\% memperoleh predikat baik. Begitu pula terjadi peningkatan hasil belajar pada tiap siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 4,7 , siklus II sebesar 6,2 , siklus III sebesar 6,6. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa langkah-langkah pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita, maka hendaknya guru matematika SD menggunakan pendekatan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita. Kata Kunci : pendekatan pemecahan masalah, aktivitas dan hasil belajar siswa, matematika.} }