@article{eprints18634, month = {Januari}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS Va SD NEGERI 06 METRO BARAT SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2009/2010}, author = {Aditiya Tri Darmawan 0613053002}, year = {2011}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/18634/}, abstract = {Abstrak Berdasarkan hasil observasi di kelas Va SD Negeri 06 Metro Barat Semeter I tahun pelajaran 2009/2010, diketahui dari 33 siswa diperoleh data sebanyak 18 siswa (54,5\%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah adalah 60. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas Va SD Negeri 06 Metro Barat dengan menggunakan model inkuiri, (2) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas Va SD Negeri 06 Metro Barat dengan menggunakan model inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan proses kajian berdaur yang terdiri dari empat tahap. Prosedur penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang langkah-langkahnya diadaptasi dari rancangan penelitian tindakan kelas oleh Arikunto (2006:16), yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Pada siklus I sebesar 54,3 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 56,7 dan pada akhir siklus III menjadi 64,04. (2) Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 52,2 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 63,7 dan pada akhir siklus III menjadi 72,8.} }