TY - GEN CY - FAKULTAS SOSIAL DAN PIOLITIK ID - eprints1864 UR - http://digilib.unila.ac.id/1864/ A1 - a, Andrew SB Gumay Y1 - 2014/06/02/ N2 - Menjelang diadakannya pemilihan umum presiden 2014 muncul beberapa partai politik baru yang salah satunya adalah partai Nasdem. Partai NasDem termasuk partai yang berusaha untuk meraih simpati dan memberikan porsi kepada anak muda dengan menempatkan beberapa tokoh - tokoh muda pada jabatan elit dan strategis. Pembentukan GP NasDem atau Garda Pemuda NasDem diketahui sebagai wadah dari kalangan muda sebagai jawaban dari Gerakan perubahan restorasi Indonesia yang disambut antusiasme tinggi dari kalangan muda. Sebagai sebuah partai yang relatif baru, Nasdem sering kali menggunakan televisi melalui iklan untuk melakukan kegiatan komunikasi politiknya. Komunikasi politik yang disalurkan Nasdem melalui iklan politik begitu banyak dan beragam, tercatat Partai Nasional Demokrat menayangkan berbagai macam versi iklan seperti versi karyawati, versi mahasiswa, versi olahragawan, versi penjaga pintu kereta, versi eksekutif muda dan versi Indonesia Baru, iklan-iklan tersebut belum termasuk dengan iklan-iklan yang dibuat berkenaan dengan hari peringatan tertentu seperti peringatan nasional; kebangkitan bangsa, pendidikan nasional dll. Berdasarkan dari latar belakang tersebut, maka diperoleh rumusan masalah penelitian yaitu ?Seberapa besar pengaruh terpaan iklan politik partai nasdem di televisi terhadap sikap politik pemilih pemula?? Tujuan penelitian berdasarkan rumusan masalah tersebut, yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh terpaan iklan politik partai nasdem di televise terhadap sikap politik pemilih pemula. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori individual differences. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey, jumlah sampel penelitian sebanyak 85 responden ditentukan dengan menggunakan rumus perhitungan Taro Yamane. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan studi literatur. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini melalui tahap editing, coding, dan tabulating dengan teknik analisa data menggunakan regresi linear berganda Anova dengan SPSS 20.0 untuk windows. Hasilnya menunjukan terdapat pengaruh antara iklan politik partai NasDem terhadap sikap politik pemilih pemula PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH TERPAAN IKLAN POLITIK PARTAI NASDEM DI TELEVISI TERHADAP SIKAP POLITIK PEMILIH PEMULA (Studi Pada Siswa/siswi Jurusan IPA dan IPS di SMA Negeri 3 Bandar Lampung & SMA Negeri 9 Bandar Lampung) AV - restricted ER -