@article{eprints18658, month = {Januari}, title = {PROFIL KEMAMPUAN MENGAJAR GURU BIOLOGI KELAS XI PADA SMA KATEGORI RINTISAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL (RSSN) DI BANDARLAMPUNG}, author = {RACHEL 0613024011}, year = {2016}, journal = {Digilib Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/18658/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru kelas XI dalam mengajar Biologi pada SMA Kategori RSSN di Bandar Lampung, khususnya kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan Pengelolaan Kelas, yang beracuan pada Standar Proses. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh, sehingga sampel didapat dari jumlah keseluruhan populasi, yaitu 18 guru. Data penelitian adalah data kualitatif. Data kualitatif berupa gambaran tentang kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, melakukan KBM dan Pengelolaan Kelas yang diperoleh dari lembar observasi, dan studi dokumen, yang diubah dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru dalam membuat silabus dan RPP berkategori tinggi artinya sebagian besar telah sesuai dengan standar pengembangan silabus dan RPP yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional; (2) dalam melakukan kegiatan belajar mengajar, 50\% guru berkemampuan sedang, 44,44\% guru berkemampuan tinggi dan 5,56\% berkemampuan rendah beracuan standar proses pada Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007; dan (3) dalam melakukan pengelolaan kelas sebagian besar guru (88,89\%) berkemampuan tinggi yang mengacu pada standar proses dan sebagian kecil (11,11\%)berkemampuan sedang.} }