TY - JOUR ID - eprints18661 UR - http://digilib.unila.ac.id/18661/ A1 - 0613024033, LILI CHRISNAWATI Y1 - 2016/01/15/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains siswa dan perbandingan keterampilan proses sains antara siswa yang menggunakan metode eksperimen pada materi pokok Fotosintesis dengan siswa yang tidak menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pretes-postes tak ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap tahun ajaran 2010/2011 SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG dan VIIIF yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest, yang kemudian dihitung dengan rumus N-gain. Analisis data menggunakan uji?t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan metode eksperimen menghasilkan N-gain (54,20) lebih tinggi dibandingkan N-gain tanpa metode eksperimen (34,29), berarti bahwa keterampilan proses sains siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode eksperimen lebih tinggi daripada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi kelompok. Hal tersebut terjadi pada setiap indikator keterampilan proses sains siswa yang digali, yaitu mengamati, memprediksi, inferensi, menyimpulkan dan mengkomunikasikan. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fotosintesis. JF - Digilib Library TI - PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FOTOSINTESIS AV - public ER -