TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1871 UR - http://digilib.unila.ac.id/1871/ A1 - , YULI TRILARASATI Y1 - 2014/09/11/ N2 - Pendidikan merupakan sesuatu yang mutlak harus dipenuhi sebagai pengalaman belajar yang baik secara langsung maupun tidak langsung menjadi dasar dalam perubahan tingkah laku siswa. Salah satu tolok ukur keberhasilan siswa adalah tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dari itu, pendidikan bermutu tidak akan terwujud tanpa adanya guru yang berkualitas dalam pemilihan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran sejarah adalah model pembelajaran Cooperative Script. Model pembejaran ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam belajar sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?? dan ?Sejauhmana pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung ke sekolah. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIA dan kelas VIIB SMP Negeri I Terusan Nunyai Lampung Tengah dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih tinggi dengan nilai rata-rata 82,08 dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share dengan nilai rata-rata 72,08. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa karena berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung 6,433 dan ttabel 1,67 dengan taraf signifikansinya adalah 0,05 sehingga dinyatakan thitung 6,433 > 0,05 dan ttabel 1,67 > 0,05 dan tingkat signifikansi pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah tinggi berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh thitung 9,87 dan ttabel 1,66 dengan taraf signifikansinya adalah 0,05 sehingga dinyatakan thitung 9,87 > 0,05 dan ttabel 1,66 > 0,05. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TERUSAN NUNYAI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -