%0 Generic %9 Other %A Dapat Syahputra, 1113053023 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:18712 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V A SD ISLAM TERPADU AL MUHSIN METRO SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/18712/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V A SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus di mana setiap siklusnya terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar panduan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh kategori cukup aktif dengan nilai 64,16 dan persentase ketuntasan sebesar 63,45% (cukup aktif). Pada siklus II memperoleh kategori aktif dengan nilai 77,9 dan persentase ketuntasan sebesar 88,45% (sangat aktif). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 67,47 (baik) dengan persentase ketuntasan 65,38% (cukup baik). Pada siklus II meningkat menjadi 74,47 (baik) dengan persentase ketuntasan sebesar 88,46% (sangat baik). Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model cooperative learning tipe STAD