%0 Generic %9 Other %A Sulistyo Ari Wibowo, 1011011120 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:18716 %I Fakultas Ekonomi dan Bisnis %T ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI UNDERPRICING SETELAH IPO TAHUN 2004 - 2014(Studi kasus pada perusahaan sektor perdagangan, jasa, dan investasi) %U http://digilib.unila.ac.id/18716/ %X ABSTRAK Fenomena underpricing sering terjadi pada perusahaan-perusahaan yang melakukan penawaran perdana di Bursa Efek. Underpricing merupakan kondisi yang menunjukkan harga saat penjualan di pasar primer lebih rendah dibandingkan dengan saat penjualan saham tersebut di pasar sekunder pada hari pertama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi underpricing pada sektor perdagangan, jasa, dan investasi di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2004-2014. Pada periode tersebut terdapat 31 perusahaan yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Debt to Equity Ratio (DER), Return to Equity (ROE), Umur perusahaan, dan Ukuran perusahaan. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda dan uji hipotesis dengan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya variabel umur perusahaan yang berpengaruh terhadap underpricing, sedangkan DER, ROE, dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing. Kata kunci : Underpricing, Debt to Equity Ratio, Return on Equity, Umur perusahaan, Ukuran perusahaan.