creators_name: 0613053023, Dwi Subekti type: article datestamp: 2016-01-22 04:31:03 lastmod: 2016-01-22 04:31:03 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TOTOKATON KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH ispublished: pub subjects: General full_text_status: public abstract: Nilai keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 3 Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah belum maksimal. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa rata-rata nilai mata pelajaran bahasa Indonesia siswa belum mencapai KKM yang ditentukan sebesar 6,50. Rendahnya nilai membaca pemahaman tersebut disebabkan karena motivasi, minat dan aktivitas siswa dalam proses membaca masih kurang. Upaya untuk menciptakan proses membaca yang efektif perlu diperbaiki, salah satunya menggunakan strategi Know-Want To Know-Learned (KWL). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia melalui strategi KWL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpul data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Materi pembelajarannya adalah peristiwa bencana alam dengan standar kompetensi memahami teks dengan membaca sekilas pada siswa kelas V SD Negeri 3 Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2009/2010. Aktivitas siswa siklus I sebesar 45,75% dan siklus II sebesar 65%. Hasil penelitian diketahui rata-rata nilai hasil belajar membaca pemahaman sebesar 6,8 pada siklus I dan 7,8 pada siklus II. Sedangkan pada nilai Kecepatan Efektif Membaca (KEM) terdapat peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 12,5% dan siklus II menjadi 50% yang dihitung menggunakan rumus KEM dan berdasarkan nilai hasil belajar. Kinerja guru juga meningkat yakni siklus I sebesar 60,93% dan siklus II sebesar 67,96%. Dapat disimpulkan bahwa dengan strategi KWL dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 3 Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. date: 2016-01-20 date_type: published publication: Digilib Library refereed: TRUE citation: 0613053023, Dwi Subekti (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TOTOKATON KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Digilib Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/18727/1/0613053023-abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18727/2/0613053023-kesimpulan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/18727/3/0613053023-pendahuluan.pdf