%0 Journal Article %A 0613053051, RENY MARGARETHA %D 2013 %F eprints:18735 %J Digilib Library %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN KIT IPA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/18735/ %X Pembelajaran IPA di SD Negeri 2 Metro Selatan guru cendrung menggunakan metode ceramah, siswa pasif, penggunaan media/alat peraga jarang digunakan sedangkan kelengkapan media IPA sudah tercukupi dan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) 65. Sebanyak 15 siswa (37.5%) yang telah tuntas, sedangkan 25 siswa (62.5%) yang belum tuntas. Sehingga tujuan penelitian ini untuk peningkatan aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan KIT IPA pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur pelaksanaan yang ditempuh adalah bentuk daur/siklus yang terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklus terdiri dari 2 x pertemuan. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, kuesioner, dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan KIT IPA dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rerata aktivitas belajar siswa pada siklus I (64.07%), siklus II (71.74%), dan siklus III (81.94%). Kemudian persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat pada siklus I (58.75) menjadi (65.25) pada siklus II dan (76.00) pada akhir siklus ke III Saran, apabila KIT IPA terbatas guru dapat menggunakan padanan KIT IPA dari bahan-bahan yang mudah dijumpai di sekitar.