@article{eprints18741, month = {Januari}, title = {PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Numbered Head Together (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BERTANYA DAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA SISWA Studi Pada Siswa Kelas VII B Semester Genap SMP Surya Darma 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011}, author = {AFRIANDI ESEBIO 0643021002}, year = {2016}, journal = {Digilib Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/18741/}, abstract = {Pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di kelas VII B SMP Surya Darma 2 Bandar Lampung pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2010/2011 aktivitas bertanya dan penguasaan konsep matematika siswa masih rendah. Rendahnya aktivitas bertanya dan penguasaan konsep matematika siswa ini mengindikasikan belum optimalnya pembelajaran yang dilakukan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas bertanya dan penguasaan konsep matematika siswa dengan meng- gunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Teknik pengumpulan data meng- gunakan observasi dan tes. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas bertanya dan penguasaan konsep matematika siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe NHT menemukan beberapa Afriandi Esebio Afriandi Esebio kendala diantaranya adalah proses diskusi kurang kondusif, pada saat mengerjakan LKK beberapa kelompok tidak bekerja sama dan hanya mengandalkan anggota kelompok yang berkemampuan tinggi serta kebanyakan siswa mengbrol dengan siswa lainnya sehingga masih diperlukan perbaikan dalam pengelolaan pembelajaran.} }