title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS creator: 0643021016, Dewi Sasmita Aji subject: description: Pembelajaran yang diterapkan guru di kelas sangat berpengaruh terhadap keber- hasilan siswa dalam belajar. Model pembelajaran yang tepat diperlukan untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pemahaman konsep yang berbentuk uraian. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata peningkatan pemahaman konsep siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih baik dari pada peningkatan pemahaman konsep siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. date: 2016-01-20 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/18744/1/0643021016-abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/18744/2/0643021016-kesimpulan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/18744/3/0643021016-pendahuluan.pdf identifier: 0643021016, Dewi Sasmita Aji (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Digilib Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/18744/