TY - JOUR ID - eprints18792 UR - http://digilib.unila.ac.id/18792/ A1 - 0643022043, SRI YULIANTI Y1 - 2016/01/20/ N2 - Aktivitas dan hasil belajar dipengaruhi oleh model penilaian yang diterapkan oleh Guru. Model penilaian yang mempengaruhi adalah penilaian otentik. Untuk mengetahui pengaruh model penilaian otentik terhadap aktivitas dan hasil belajar maka diperlukan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh penerapan penilaian otentik terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII A M.Ts Al Hikmah Bandar Lampung? (2) Adakah pengaruh penerapan penilaian otentik terhadap hasil belajar siswa kelas VII A M.Ts Al Hikmah Bandar Lampung? Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di M.Ts Al Hikmah Bandar Lampung sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII A semester genap M.Ts Al Hikmah Bandar Lampung yang berjumlah 37 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Variabel terdiri dari satu variabel bebas dan dua variabel terikat, yaitu data penilaian otentik (X), data aktivitas (Y dan data hasil belajar fisika (Y 2 ). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (data hasil belajar), teknik observasi (data aktivitas) serta teknik dokumentasi (data penilaian otentik). Berdasarkan uji normalitas diketahui bahwa data penilaian otentik, data aktivitas dan data hasil belajar berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan melakukan uji homogenitas dan diperoleh bahwa data mempunyai variansi yang homogen. Kemudian untuk menguji pengaruh antara beberapa kelompok data dilakukan uji regresi tunggal (regresi sederhana). Bentuk persamaan regresi: (1) penilaian otentik terhadap aktivitas belajar Y= 1,051 +  0,978X  (2) penilaian otentik terhadap hasil belajar Y= 0,945+0,920X. Hasil analisis data didapatkan bahwa terdapat hubungan positif antara: (1) penilaian otentik dengan aktivitas belajar yang ditunjukkan oleh nilai sig sebesar 0,000, (2) penilaian otentik dengan hasil belajar nilai sig sebesar 0,005. Secara umum disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara penerapan penilaian otentik terhadap aktivitas belajar siswa, (2) ada pengaruh yang signifikan antara penerapan penilaian otentik terhadap hasil belajar. JF - Digilib Library TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP M.Ts AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - public ER -