<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n"^^ . "Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia kelas XI IPA\r\n1\r\nSMA Persada Bandar Lampung, nilai rata-rata penguasaan konsep pada materi\r\npokok asam basa kelas XI IPA pada tahun pelajaran 2009-2010 masih rendah.\r\nProses pembelajarannya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Aktivi-\r\ntas siswa yang dominan adalah mendengar, mencatat, dan latihan soal, akibatnya\r\npenguasaan konsep siswa rendah. Selain itu, siswa jarang melakukan praktikum,\r\nsehingga guru belum melatihkan keterampilan proses sains siswa dalam proses\r\npenemuan konsep. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah\r\ndengan melatihkan KPS melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD.\r\nTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan persentase (1) keteram-\r\npilan mengkomunikasikan; (2) keterampilan menarik kesimpulan; (3) penguasaan\r\nkonsep dan; (4) siswa yang mencapai KKM dari siklus ke siklus. Penelitian\r\ndilaksanakan dalam tiga siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA\r\n1\r\nSMA Persada Bandar Lampung TP 2010-2011 yang berjumlah 34 orang. Data\r\npenelitian berupa data keterampilan mengkomunikasikan dan menarik kesimpulan\r\ndi\r\nserta penguasaan konsep siswa. Data kedua keterampilan dan penguasaan konsep\r\ndiungkap melalui tes formatif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi: (1) peningkatan persentase keteram-\r\npilan mengkomunikasikan dari siklus I ke siklus II yaitu kelompok kemampuan\r\ntinggi (11,76%), kelompok kemampuan sedang (14,70%), dan kelompok kemam-\r\npuan rendah menurun (26,47%). Pada siklus II ke siklus III yaitu kelompok ke-\r\nmampuan tinggi (26,47%), kelompok kemampuan sedang menurun (8,82%), dan\r\nkelompok kemampuan rendah menurun (17,64%); (2) peningkatan persentase ke-\r\nterampilan menarik kesimpulan dari siklus I ke siklus II yaitu kelompok kemam-\r\npuan tinggi (23,52%), kelompok kemampuan sedang (5,88%), dan kelompok ke-\r\nmampuan rendah menurun (29,41%). Pada silkus II ke siklus III yaitu kelompok\r\nkemampuan tinggi (26,47%), kelompok kemampuan sedang menurun (8,82%),\r\ndan kelompok ke-mampuan rendah menurun (17,64%); (3) peningkatan persenta-\r\nse penguasaan konsep asam basa , yaitu dari siklus I ke siklus II sebesar 8,37%\r\ndan dari siklus II ke siklus III sebesar 12,42%; (4) peningkatan persentase siswa\r\nyang mencapai KKM sebesar 8,82% pada siklus I ke siklus II dan sebesar\r\n23,53% pada siklus II ke siklus III."^^ . "2016-01-20" . . . . . "Digilib Library"^^ . . . . . . . . "HANIK"^^ . "0643023017"^^ . "HANIK 0643023017"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (File PDF)"^^ . . . "0643023017-ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (File PDF)"^^ . . . "0643023017-PENDAHULUAN.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (File PDF)"^^ . . . "0643023017-KESIMPULAN.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI\r\nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN\r\nKONSEP ASAM BASA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18797 \n\nPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI \nPENDEKATAN KPS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN \nKONSEP ASAM BASA \n\n\n" . "text/html" . . . " " . .