@misc{eprints1882, month = {Juni}, title = {PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN GERAK TARI BEDANA SISWA KELAS VIIA DI SMP XAVERIUS METRO}, author = {Elisabeth Hesti Ariyanti Simon Danu Kisworo}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1882/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru dalam pembelajaran gerak tari bedana siswa kelas VIIA di SMP Xaverius Metro. Hal yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah peranan guru serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari bedana siswa kelas VIIA SMP Xaverius Metro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran seni tari dan siswa kelas VIIA yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, panduan wawancara, dan panduan penilaian tes praktik. Hasil penelitian dari peranan guru dalam pembelajaran tari bedana siswa kelas VIIA SMP Xaverius Metro menunjukkan bahwa guru mendapat nilai 72 yang tergolong dalam kriteria cukup, di mana guru dapat menjalankan 12 dari 13 peranan guru yang harus dijalankan dalam pembelajaran gerak tari bedana, yaitu sebagai korektor, informator, organisator, motivator, demonstrator, pengelola kelas, inisiator, fasilitator, pembimbing, mediator, supervisor, evaluator, dan peranan yang belum dijalankannya yaitu sebagai inspirator. Hasil penilaian tes pratik siswa mendapat nilai rata-rata 68 untuk teknik gerak dan tergolong dalam kriteria cukup, 71,1 untuk hafalan gerak dan tergolong dalam kriteria cukup, 66 untuk iringan musik dan tergolong dalam kriteria cukup, 53,3 untuk ekspresi wajah dan tergolong dalam kriteria kurang. This research aimed to describe the role of the teacher in teaching bedana dance at VIIA grade of SMP Xaverius Metro. In this research the researcher explain about the role of teacher and students learning outcomes in learning bedana dance at VIIA grade of SMP Xaverius Metro. This research used descriptive qualitative method approach. The subject of this research is the teacher dance class and 36 students at VIIA grade of SMP Xaverius Metro consisting of 18 female students and 18 male students. In order to get data, the researcher used observation, interviews, documentation, and practice test. The research instrument of the research used manual observation, interview guides practice test guides. From the result of research, the role of the teacher in teaching bedana dance at VIIA grade of SMP Xaverius Metro show that the teacher got 72 score in the criteria considered sufficient, in wich teachers can implement 12 of the 13 roles that teacher should be learning in bedana dance, that are corectory, informatory, organizer, motivatory, demonstratory, manager of the class, inisiatory, fasilitatory, leader, mediator, surpervisor, evaluator, and the teacher can not implement one role that is inspiratory. The result of students assessment practice test scored on average of 68 for motion technique in sufficient criteria, 71,1 scored for rote motion and classified in sufficient criteria, 66 score for music instrument is sufficient criteria calssified, 53,3 score for facial exspressions is less criteria calssified.} }