<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS"^^ . "Abstrak\r\n\r\nBerdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia di SMA Perintis 2\r\nBandar Lampung, diperoleh informasi bahwa Kriteria Ketuntasan Minimum\r\n(KKM) yang ditetapkan 100% siswa telah mencapai nilai ≥ 60, sementara baru\r\n47,36% siswa yang mendapat nilai ≥ 60. Nilai rata-rata penguasaan konsep siswa\r\nkelas X4 pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit serta reaksi redoks\r\ntahun pelajaran 2008-2009 yaitu 55,39. Aktivitas yang relevan dalam\r\npembelajaran (on task) seperti menjawab pertanyaan, dan mengajukan pertanyaan\r\nmasih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk\r\nmeningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep pada materi tersebut adalah\r\npembelajaran kooperatif teknik Numbered Head Together (NHT).\r\nTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan persentase (1) setiap\r\njenis aktivitas on task, (2) rata-rata penguasaan konsep dan, (3) ketuntasan belajar\r\nSari Rahmayanti\r\npada konsep larutan elektrolit dan non elektrolit serta reaksi redoks. Jenis\r\npenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus.\r\nSubjek penelitian adalah siswa kelas X4 SMA Perintis 2 Bandar Lampung yang\r\nberjumlah 38 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Data\r\npenelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data\r\nkuantitatif berupa data penguasaan konsep.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase (1) setiap\r\njenis aktivitas on task siswa, yaitu menjawab pertanyaan dari siklus I ke siklus II\r\nsebesar 9,22%, dari siklus II ke siklus III 6,57%; mengajukan pertanyaan dari\r\nsiklus I ke siklus II sebesar 6,58%, dari siklus II ke siklus III sebesar 14,47%;\r\naktif dalam diskusi dari siklus I ke siklus II sebesar 7,9%, dari siklus II ke siklus\r\nIII sebesar 17,1%; memberikan pendapat dari siklus I ke siklus II sebesar 7,91%\r\ndan dari siklus II ke siklus III sebesar 13,15%; (2) rata-rata penguasaan konsep\r\ndari siklus I ke siklus II sebesar 4,74% , dari siklus II ke siklus III sebesar\r\n19,38%; dan (3) ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar\r\n10,53%, dari siklus II ke siklus III sebesar 7,89%.\r\nKata kunci: pembelajaran kooperatif teknik NHT, aktivitas on task, konsep larutan\r\nelektrolit dan non elektrolit serta reaksi redoks"^^ . "2012-01-21" . . . . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "SARI RAHMAYANTI"^^ . "0543023027"^^ . "SARI RAHMAYANTI 0543023027"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (File PDF)"^^ . . . "abstrak.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (File PDF)"^^ . . . "kesimpulan.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (File PDF)"^^ . . . "pendahuluan.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK\r\nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP\r\nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT\r\nSERTA REAKSI REDOKS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18911 \n\nPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK \nMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP \nLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT \nSERTA REAKSI REDOKS\n\n" . "text/html" . . . " " . .