<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA"^^ . "Abstrak\r\n\r\nBerdasarkan hasil wawancara dengan 11 guru SMA di Bandar Lampung\r\ndiperoleh informasi bahwa 91 % guru dalam proses pembelajaran materi pokok\r\ntermokimia belum menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam proses\r\npenemuan konsep. 9% guru telah menggunakan LKS, namun LKS yang\r\ndigunakan belum melatih siswa untuk berfikir melalui keterampilan generik\r\nsains (KGS). Oleh karena itu, perlu dirancang LKS berbasis KGS pada materi\r\npokok termokimia dan dilengkapi animasi kimia untuk materi yang tidak dapat\r\ndipraktikumkan.\r\nTujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS dan animasi kimia berbasis\r\nKGS, kemudian menentukan (1) tingkat keterbacaan dan keterlaksanaannya; (2)\r\ntingkat KGS siswa; dan (3) tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan LKS\r\ndan animasi kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang\r\n Desti Ari Yani \r\nmengacu pada alur penelitian Borg and Gall (2003). Alur penelitian\r\npengembangan ini dimulai dari analisis kebutuhan, penyusunan LKS dan animasi\r\nkimia, uji ahli, revisi LKS dab animasi kimia tahap I, uji coba terbatas sampai\r\ndengan revisi LKS dan animasi kimia tahap II . Uji coba terbatas dilaksanakan\r\ndi SMA Negeri 16 Bandar Lampung, uji coba LKS dilakukan terhadap 31 siswa\r\nkelas XI IPA 1 dan satu orang guru kimia. Metode yang digunakan pada uji\r\ncoba terbatas adalah kuasi eksperimen dengan one group pre-test and pos-test.\r\nHasil dari penelitian ini adalah (1) tingkat keterbacaan dan keterlaksanaan LKS\r\ndan animasi kimia memiliki kriteria tinggi, artinya siswa mampu menyerap\r\npesan yang terkandung dalam LKS dan animasi kimia dan melaksanakan\r\npembelajaran menggunakan LKS dan animasi kimia dengan baik, (2) tingkat\r\nKGS siswa pada penelitian ini memiliki kriteria tinggi untuk indikator\r\nmembangun konsep dan pemodelan matematik sedangkan untuk indikator\r\nkerangka logika taat asas dan bahasa simbolik denga kriteria sedang,; indikator\r\npengamatan langsung sebesar 64,52% siswa berkriteria sangat terampil dan\r\n35,48% siswa berkriteria terampil; indikator pengamatan tak langsung sebesar\r\n56,45% siswa berkriteria sangat terampil, 40,33% siswa berkriteria terampil, dan\r\n3,22% siswa berkriteria tidak terampil, artinya LKS dan animasi kimia yang\r\ndikembangkan membuat siswa dapat lebih aktif menggunakan semua panca\r\ninderanya dan alat bantu dalam proses pembelajaran, (3) guru dan sebagian besar\r\nsiswa berpendapat bahwa LKS dan animasi kimia sangat membantu dalam\r\nkegiatan pembelajaran.\r\nKata kunci : Pengembangan, LKS, Animasi kimia, Keterampilan generik sains"^^ . "2012-02-21" . . . . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "DESTI ARI YANI"^^ . "0613023017"^^ . "DESTI ARI YANI 0613023017"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (File PDF)"^^ . . . "abstrak.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (File PDF)"^^ . . . "kesimpulan.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (File PDF)"^^ . . . "pendahuluan.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK\r\nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS\r\nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #18941 \n\nPENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA UNTUK \nMENGUNGKAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS \nSISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA\n\n" . "text/html" . . . " " . .