creators_name: M.Munawar MK, HANNA DIFETRA ALFATH type: other datestamp: 2014-06-06 04:01:31 lastmod: 2014-06-06 04:01:31 metadata_visibility: show title: PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 ispublished: pub subjects: LB subjects: NX full_text_status: restricted abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peranan guru dalam pembelajaran tari Bedana pada siswa kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peranan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari Bedana pada siswa kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa perempuan kelas VIII. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori tentang pembelajaran, peranan guru, seni budaya, seni tari Bedana, aktivitas siswa dan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 3 instrumen penilaian. Instrumen penilaian peranan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan data kesimpulan. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa dari instrumen penilaian tentang aspek penilaian peranan guru, guru memeroleh kriteria rata-rata cukup (60), dari 13 aspek peranan guru, 3 aspek memeroleh kriteria nilai baik sekali yaitu aspek korektor, organisator dan evaluator. Kriteria nilai cukup untuk lima aspek yaitu inspirator, informator, motivator, fasilitator, dan pengelola kelas. Kriteria kurang untuk lima aspek yaitu inisiator, pembimbing, demonstrator, mediator, dan supervisor. Penilaian 13 aspek peranan guru diberikan pada setiap pertemuan, memeroleh skor 5 apabila dilakukan dengan baik sekali, skor 4 dengan kriteria baik, skor 3 dengan kriteria cukup, skor 2 dengan kriteria kurang, dan skor 1 dengan kriteria gagal. Selain peranan guru, aktivitas siswa memeroleh kriteria baik dengan nilai (71) dan hasil belajar siswa juga dinilai pada penelitian ini dengan memeroleh kriteria cukup dengan nilai (63) date: 2014-08-16 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG related_url_type: pub citation: M.Munawar MK, HANNA DIFETRA ALFATH (2014) PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/1900/1/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1900/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1900/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1900/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1900/5/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1900/6/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1900/7/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1900/8/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1900/9/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1900/10/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1900/11/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1900/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1900/13/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf