TY - JOUR ID - eprints19027 UR - http://digilib.unila.ac.id/19027/ A1 - 0313024032, Ratna Noviyanti Y1 - 2012/02/21/ N2 - ABSTRAK. Hasil observasi di SMA Negeri 4 Bandar Lampung, diketahui hasil belajar siswa rendah (nilai rata-rata 62,49), hal ini diduga kurang aktifnya siswa selama proses pembelajaran, sebab guru masih menggunakan metode ceramah. Oleh sebab itu, diperlukan usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Sehubungan dengan itu, pada penelitian ini digunakan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok jamur. RATNA NOVIYANTI Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretes-postes tak ekuivalen. Data penelitian ini berupa nilai hasil belajar siswa yaitu skor gain dari data postes dikurangi pretes dibagi dengan skor maksimal dan dikali seratus, dan nilai aspek afektif serta psikomotor yang diambil pada setiap pertemuan dengan menggunakan lembar observasi (angket). Data tersebut kemudian dianalisis dengan uji t menggunakan software SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing berpengaruh nyata terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok Jamur ; (2) Rata-rata hasil belajar (aspek kognitif, afektif dan psikomotor) siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing lebih tinggi daripada tanpa model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Kancing gemerincing, Hasil belajar, Jamur JF - Digital Library TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG AV - public ER -