%A Eni Yulia Fitriana NN %J Digital Library %T PERBANDINGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA DITINJAU DARI METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI YANG BERBEDA DI SMAN 2 MENGGALA %X Abstract Penelitian bertujuan untuk mengetahui; 1) Ada tidaknya interaksi prestasi belajar siswa antara penggunaan metode pembelajaran dan motivasi berprestasi yang berbeda. 2) Perbedaan rerata peningkatan prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode inkuiri dan yang menggunakan metode demonstrasi. 3) Perbedaan rerata peningkatan prestasi belajar Fisika pada siswa yang motivasi berprestasinya tinggi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode inkuiri dan yang menggunakan metode demonstrasi. 4) Perbedaan rerata peningkatan prestasi belajar Fisika pada siswa yang motivasi berprestasinya rendah antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode inkuiri dan yang menggunakan metode demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen dengan desain berimbang dan menggunakan rancangan eksperimen faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 92 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel diambil dua kelas (kelas X-3 dan kelas X-4) dengan pertimbangan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai prestasi belajar yang relatif sama pada hasil Penerimaan Siswa Baru (PSB). Instrumen dalam penelitian berupa kuisoner untuk mendapatkan data tentang motivasi berprestasi dan tes prestasi untuk mendapatkan data prestasi siswa.Teknik analisa data menggunakan uji anava dua jalur dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi prestasi belajar antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi. Secara umum dapat disimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode inkuiri (rerata peningkatan = 0,646) lebih tinggi dari metode demonstrasi (rerata peningkatan = 0,569). Rerata peningkatan prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode inkuiri pada yang bermotivasi tinggi lebih tinggi (rerata peningkatan = 0,78) daripada yang menggunakan metode demonstrasi (rerata peningkatan = 0,61 ). Rerata peningkatan prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi pada yang bermotivasi rendah (rerata peningkatan = 0,75) lebih tinggi daripada yang menggunakan menggunakan metode inkuiri (rerata peningkatan = 0,27). Abstract The research is aimed to know; 1) There is an interaction of achievement of student learning between usages of learning method and motivation of different achievement. 2) The avarage difference of increasing achievement of student learning which is taught using inquiry method and using demonstration method. 3) The avarage difference of increasing achievement of physic learning toward student who has high motivation achievement between students which is taught using inquiry method and using demonstration method. 4) The avarage difference of increasing achievement of physic learning toward student who has low motivation which is taught using inquiry method and using demonstration method. Method applied in this research is experiment method with proportional design and applies factorial design of experiments 2x2. Population in research is all class X student with the number 92 students. While sampling technique used is purposive sampling where sample is taken from two classes (class X-3 and class X-4) with consideration that both classes have the same achievement of learning at PSB. Instrument in this research is in the form of questionnaire to get data about motivation of achievement and achievement test to get student achievement data. Analysis data technique applied using ANAVA two lines and T-test. Result of research indicates that there is an interaction of learning achievement between learning methods and motivation of achievement. Generally, it can be inferred that improvement of achievement of student learning using inquiry method (improvement average = 0,646) higher than demonstration method (improvement average = 0,569). Improvement average of student learning achievement taught using inquiry method at higher motivation (improvement average = 0,78) than using demonstration method (improvement average = 0,61). Improvement average of student learning achievement taught using demonstration method at low motivation average = 0,75) higher than using inquiry method (improvement average = 0,27). %D 2012 %L eprints19031