<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG"^^ . "Abstract\r\n\r\nKarakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Usia dini\r\nmerupakan masa kritis bagi pembentukkan karakter seseorang. Kegagalan\r\npenanaman karakter pada seseorang sejak usia dini, akan membentuk pribadi yang\r\nbermasalah di masa dewasanya kelak. Selain itu, menanamkan moral kepada anak\r\npada usia dibawah delapan tahun adalah usaha yang strategis. Pembelajaran\r\nkarakter ini masih baru karenanya perlu dipelajari tentang perencanaan,\r\npelaksanaan, dan evaluasi dari pembelajaran ini. Karakter yang diterapkan yaitu\r\nmeliputi: (a) cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya, (b) mandiri, disiplin, dan\r\ntanggung jawab, (c) hormat dan santun, (d) suka menolong, (e) percaya diri dan\r\nkreatif, (f) baik dan tidak sombong, (g) kebersihan dan kesehatan. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk mendeskripsian proses pembelajaran berbasis karakter.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi yang berorientasi pada tujuan.\r\nSubjek pada penelitian ini adalah guru-guru yang berjumlah enam orang.\r\nPengumpulan data yang diutamakan adalah dengan observasi, sedangkan\r\ndokumentasi dan wawancara digunakan sebagai data pendukung. Teknik analisis\r\ndata mencakup tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan\r\nkesimpulan.\r\nKesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran berbasis karakter di TK\r\nKemala Bhayangkari 23 Bandar lampung adalah: pada setiap aspeknya sudah\r\ndilakukan oleh para guru dengan kategori sering, baik berupa perencanaan,\r\npelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pada indikator tidak merusak ciptaan\r\nTuhan (hewan, tanaman, dan alam sekitar) pembelajaran masuk dalam kategori\r\nkurang, karena selama penelitian hanya satu kali dilakukan pembelajaran. Untuk\r\nstrategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru hasil yang didapat adalah guru\r\nsangat sering (82%) melatih anak menggunakan kalimat-kalimat sederhana seperti\r\nterima kasih, tolong, dan maaf, mengembangkan potensi anak, memberikan katakata pujian, memberikan perhatian pada anak dalam belajar dan berinteraksi.\r\nDalam penggunaan media pembelajaran menunjukkan persentase 73% dengan\r\nkategori sering, guru telah menggunakan sumber daya lingkungan untuk\r\nbereksplorasi dan memantau permainan anak. Dalam melakukan evaluasi\r\npembelajaran dilakukan oleh guru melalui pengamatan secara langsung terhadap\r\nsetiap aktivitas anak.\r\nKata Kunci: evaluasi, pembelajaran karakter, anak usia dini\r\n\r\nAbstract\r\n\r\nThe goal of studying based on the characters is to form the positive character by\r\nthe child through the developing of the characters on intensive. That is including\r\nthe aspects of knowing, loving, and acting the good. This method will form the\r\nclass atmosphere become friendly, togetherness, support and respect to the other.\r\nThe application of characters are consists of: (a) loving God with all His creation,\r\n(b) stand alone, discipline and responsibility, (c) respect and good manners, (d)\r\nleadership and helping, (e)self confidence and creative, (f) kind and not arrogant,\r\n(g) cleanliness and health.\r\nThe goal of this research is to describe (1) the process of studying based on the\r\ncharacters, (2) the reach of result studying based on the characters. This research\r\nis uses the approach goal oriented evaluation. The Subject of this research is the\r\nteachers which are 7 persons.\r\nThe process of studying based on the characters in TK Kemala Bhayangkari 23\r\nBandar Lampung is on each aspects already doing by the teachers with often\r\ngood categories a like planning, implementation and evaluation of studying. In\r\nthe indicators that there is forbidden to break the creation of GOD (animals,\r\nplants, and environment) the studies enter to fewer categories, because during a\r\nresearch they only have one time to do it. The result of achievement from\r\nstudying based on the characters there is happen raising category become good\r\n(raising up to 50%) as many as 11 indicators to all aspects, but for 2 indicators\r\nare to know who created himself and the environment and to forbidden break the\r\ncreation of God (animals, plants, and environment) it is not get the scorers\r\nbecause the teachers get difficult to give the score on that both of indicators.\r\nKeynote: evaluation, studying based on the characters"^^ . "2012-01-21" . . . . . . "Digital LIbrary"^^ . . . . . . . . "Eria Apriyani"^^ . "NN"^^ . "Eria Apriyani NN"^^ . . . . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "ABSTRACT Eria Apriyani.pdf"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "abstrak Eria Apriyani.pdf"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "kesimpulan Eria Apriyani.pdf"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "pendahuluan Eria Apriyani.pdf"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EVALUASI IMPLEMENTASI\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN\r\nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #19039 \n\nEVALUASI IMPLEMENTASI \nPEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI TAMAN \nKANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 23 BANDAR LAMPUNG\n\n" . "text/html" . . . " " . .