<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA"^^ . "Abstract\r\n\r\nPembelajaran matematika bagi siswa SMP meliputi tiga aspek, yaitu:\r\n(1) pemahaman konsep, (2) penalaran dan komunikasi, dan (3)\r\npemecahan masalah. Oleh karena itu dalam implementasinya, prestasi\r\nbelajar matematika terlihat bila siswa dapat menyelesaikan masalahmasalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah melihat perbedaan\r\nrata-rata prestasi belajar matematika siswa yang belajar dengan\r\nProblem-based Learning secara individu dan Problem-based Learning\r\nsecara kelompok, dengan memperhatikan kemampuan awal siswa.\r\nDesain penelitian menggunakan metode quasi eksperimen.\r\nAnalisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur pada\r\ntaraf signifikansi 0,05, kemudian dilanjutkan dengan metode Tukey.\r\nHasil analisis data adalah: (1) terdapat interaksi antara cara belajar\r\nsecara individual dan secara kelompok kemampuan awal siswa, (2)\r\nprestasi dari rata-rata keduanya pada kelas individu 80,71, sedangkan\r\npada kelas kelompok 65,521. Ketiga hasil ini menunjukkan prestasi\r\nbelajar matematika siswa yang belajar dengan Problem-based Learning\r\nsecara individu lebih tinggi daripada secara kelompok, (3) dari rata-rata\r\nkedua kompetensi diperoleh 79,412 dan 67,088. Dari hasil tersebut\r\nterlihat bahwa prestasi belajar matematika pada penggunaan Problembased learning bagi siswa memiliki kemampuan awal tinggi lebih\r\ntinggi daripada yang memiliki kemampuan awal rendah, (4) rata-rata\r\nhasil kedua kompetensi adalah 84,443 dan 73,84. Ketiga hasil ini\r\nmenunjukkan bahwaprestasi belajar matematika bagi siswa yang\r\nmemiliki kemampuan awal tinggi dan belajar dengan Problem-based\r\nlearning secara individu lebih tinggi daripada secara kelompok, (5)\r\nrata-rata kedua kompetensi diperoleh 76,67 dan 57,20. Hasil tersebut\r\nmenunjukkan prestasi belajar matematika bagi siswa yang memiliki\r\nkemampuan awal rendah dan belajar dengan Problem-based learning\r\nsecara individu lebih tinggi daripada secara kelompok.\r\n\r\nAbstract\r\n\r\nThe aim of math subject for Junior High School covers three aspects\r\nnamely: (1) Concept Comprehension, (2) High level Thinking and\r\nCommunication, and (3) Problem Solving. That is why in the\r\nimplementation level, the achievement of math achievement happens\r\nwhen students are able to solve math problems. The purpose of the\r\nresearch is to see the difference of students’ achievement average after\r\nthe implementation of individual Problem-based Learning and group\r\nProblem-based Learning. Queasy experiment is used in the research.\r\nThe collected data is analyzed using two-way variant analysis\r\n(ANAVA) with significance level 0,05, than it is treated with Tukey\r\nmethod. The research reveals that (1) both average is of test found that\r\nF= 10.120 with the significance is 0.002< 0.05. That is mean the\r\ninteraction between tecknical study in individual and groups with\r\nstudent initial competence, (2) the average of math achievement from\r\nindividual class is 80.71 and 65.521 for the group class. The data is\r\nmean that students’ achievement average in the implementation of\r\nindividual Problem-based Learning is higher than in group Problembased Learning, (3) students’ achievement for students with high and\r\nlow initial competence is found 79.412 and 67.088. That is mean\r\nstudents with high initial competence have better achievement than\r\nstudents with low initial competence, (4) the achievement average for\r\nstudents with high initial competence in individual and group class is\r\nfound 84.443 and 73.84. That is mean that the students with high initial\r\ncompetence in individual Problem-based learning have better\r\nachievement than those who study in group Problem-based learning, (5)\r\nthe average of achievement for students with low initial competence in\r\nindividual and group class is found 76.67 and 57.20. That is mean\r\nstudents with low initial competence in individual problem-based\r\nlearning have better achievement than those who study in group\r\nProblem-based learning."^^ . "2012-01-21" . . . . . . "Digitral Library"^^ . . . . . . . . "EUIS TATI DARNATI"^^ . "NN"^^ . "EUIS TATI DARNATI NN"^^ . . . . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (File PDF)"^^ . . . "ABSTRACT Euis Tati Darnati.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (File PDF)"^^ . . . "abstrak Euis Tati Darnati.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (File PDF)"^^ . . . "kesimpulan Euis Tati Darnati.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (File PDF)"^^ . . . "pendahuluan Euis Tati Darnati.pdf"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING\r\nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN\r\nKEMAMPUAN AWAL SISWA\r\nYANG BERBEDA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #19045 \n\nPERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA \nMENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING \nDENGAN PENGELOMPOKAN DAN \nKEMAMPUAN AWAL SISWA \nYANG BERBEDA\n\n" . "text/html" . . . " " . .