TY - JOUR ID - eprints19056 UR - http://digilib.unila.ac.id/19056/ A1 - 0643034021, Limni Dahniati Y1 - 2010/01/21/ N2 - Berdasarkan hasil observasi di SMA Muhammadiyah I Palembang, bahwa dengan menggunakan metode ceramah bervariasi dan penugasan, hasil belajar siswa yang dinyatakan tuntas belajar yang memperoleh nilai 65 sesuai dengan yang ditetapkan di SMA Muhammadiyah I Kota Palembang yaitu hanya 57,89%. Hal ini belum mencapai kriteria keberhasilan proses pembelajaran yang ditetapkan di SMA Muhammadiyah I Palembang adalah 80% yaitu setelah dilakukan remedial. Oleh karena itu perlu adanya usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Muhammadiyah I Palembang. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya (1) Jumlah penurunan persentase tiap jenis aktivitas off task yaitu siklus I sebesar 88,89%, siklus II sebesar 56,95%, dan siklus III sebesar 29,41%. (2) Penurunan persentase aktivitas off task siswa yaitu siklus I 44,45%, siklus II 28,47%, dan siklus III 14,7%. (3) Peningkatan aktivitas on task siswa yaitu: siklus I 55,5%, siklus II 71,53%, dan siklus III 85,3%. (4). Peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu: siklus I 54,44, siklus II 68,33, dan siklus III 80,83. Peningkatan persentase siswa yang memperoleh nilai ? 65 yaitu dari siklus I 41,67%, siklus II 66,67%,dan siklus III 88,89%. Pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. JF - Digital Library TI - PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH I PALEMBANG AV - public ER -