<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG"^^ . "Abstract\r\n\r\nPerspektif pendidikan multikultur memandang pendidikan sebagai ruang\r\ntransformasi budaya yang membongkar praktik diskriminatif dalam proses\r\npendidikan. Pendidikan multikultur dapat disajikan dalam berbagai pedekatan,\r\nyaitu; content oriented programs, student oriented programs dan socially oriented\r\nprograms. Penelitian ini terfokus pada masalah pendekatan multikultur yang\r\nmenekankan pada isi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, oleh\r\nkarena itu tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang pendekatan\r\nmultikultur berbasis content dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di\r\nSMA Yayasan Pembina Unila Bandar Lampung.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini\r\nadalah guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, siswa dan kepala\r\nsekolah. Instrumen pengumpul data menggunakan panduan observasi, wawancara\r\ndan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analysis Interactive Model dari\r\nMilles and Huberman, dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data,\r\npenyajian data dan penarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan multikultur yang digunakan oleh\r\nguru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Yayasan Pembina\r\nUnila menekankan pada isi materi (content oriented programs) dengan\r\nmenanamkan nilai-nilai multikultur, yaitu nilai demokrasi dan nilai hak asasi\r\nmanusia. Tetapi dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat nilai-nilai yang\r\ndominan diterapkan dan ada beberapa nilai demokrasi dan nilai hak asasi manusia\r\nyang tidak dominan muncul dalam pembelajaran sebagaimana indikator nilai\r\ndemokrasi dan nilai hak asasi manusia serta prosedur pembelajarannya belum\r\nmengikuti tahapan pembelajaran pendidikan multikultur. Hal ini disebabkan\r\ndiantaranya oleh ketidak-pahaman guru terhadap esensi nilai-nilai dari nilai hak\r\nasasi manusia dan demokrasi yang harus diajarkan secara menyeluruh. Mengenai\r\npengaturan kelas, media dan strategi termasuk kriteria penilaian hasil belajar\r\ndengan pendekatan multikultur belum memenuhi syarat. Oleh karena itu\r\npendidikan multikultur dengan berbagai pendekatannya memerlukan pemahaman,\r\nlatihan dan adanya keterbukaan baik secara pemikiran maupun sikap yang harus\r\ndimiliki oleh guru untuk mampu melaksanakannya dalam pembelajaran, saran\r\nyang diajukan adalah perlunya kepala sekolah memberi kesempatan dan mengirim\r\nguru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan tentang peningkatan kemampuan\r\nmengajar seperti kemampuan mengajar menerapkan pendekatan multikultur ini.\r\nKata Kunci. pendekatan multikultur, nilai-nilai demokrasi dan nilai-nilai hak\r\n asasi manusia\r\n\r\n\r\nAbstract\r\n\r\nThe Multicultural education paradigm points the education as cultural\r\ntransformation domain which revealed discriminative practice in educational\r\nprocess. Multicultural education can be presented in various approaches, that is;\r\ncontent oriented programs, student oriented programs and socially oriented\r\nprograms. This research focuses on multicultural approach’s problems that\r\nemphasizes on the content of civic education learning; therefore the objective of\r\nthis research is to obtain a description about content based multicultural approach\r\nin civic educational learning at SMA Yayasan Pembina Unila Bandar Lampung.\r\nThis research uses qualitative approach. The populations in this research are civic\r\neducation subject teacher, students and headmaster. Observation sheet, interview\r\nand documentation are used as data collecting instrument. Analysis Interactive\r\nModel from Milles and Huberman is used to analyze the data in conducting the\r\ndata collecting, data reduction, data presentation and conclusion making.\r\nResearch result shows that multicultural approach used by civic education subject\r\nteacher at SMA Yayasan Pembina Unila emphasizes on material content (content\r\noriented programs) by embedding on multicultural values: democracy values and\r\nHuman Rights values. However, at learning implementation found that there is\r\ndominant values applied and there are several democracy values and Human Right\r\nvalues which are not dominantly appeared in learning as to indicator of\r\ndemocracy values and Human Rights values, the learning procedure has not yet\r\nfollow multicultural education learning stages as well. This is caused by the\r\nteacher lack of understanding about values essence of Human Rights and\r\ndemocracy that should be taught comprehensively. Class arrangement, media and\r\nstrategy including learning result evaluation criteria by using multicultural\r\napproach has not achieved the standard yet. Hence, multicultural education with\r\nits various approaches needs comprehension, practice and open minded either in\r\nthought and also attitude that must be possessed by teacher to carry out it in\r\nlearning, the suggestion proposed is that the headmaster needs to provide chance\r\nand delegate the teacher to attend education and training related to teaching ability\r\nimprovement as such teaching ability in applying this multicultural approach.\r\nKeywords: multicultural approach, democracy values and Human Right values"^^ . "2012-01-21" . . . . . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "Hermi Yanzi"^^ . "NN"^^ . "Hermi Yanzi NN"^^ . . . . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "ABSTRACT Hermi Yanzi.pdf"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "abstrak Hermi Yanzi.pdf"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "kesimpulan Hermi Yanzi.pdf"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "pendahuluan Hermi Yanzi.pdf"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #19058 \n\nPENDEKATAN MULTIKULTUR BERBASIS CONTENT \nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN \nKEWARGANEGARAAN DI SMA YP UNILA \nBANDAR LAMPUNG\n\n" . "text/html" . . . " " . .