TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1908 UR - http://digilib.unila.ac.id/1908/ A1 - Hadi Prayitno, LUSIA NINIK SRIWAHYUNI Y1 - 2014/10/29/ N2 - Penelitian berjudul ?Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pelajaran Matematika Kelas V SDN 1 Pringsewu Utara Tahun Pelajaran 2013/2014? dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa penyempurnaan dan peningkatan pembelajaran matematika harus terus diupayakan. Masalah yang dihadapi oleh guru adalah aktivitas dan hasil siswa pada matapelajaran matematika masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pelajaran matematika kelas V SDN 1 Pringsewu Utara. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan pembelajaran dengan subjek penelitian siswa dan guru kelas V pada tahun ajaran 2013/2014. Pola umum prosedur pada setiap tindakan adalah: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan Penilaian, (4) Refleksi. [Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)] Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat: (1) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 69,57% pada siklus I menjadi 73,91% pada siklus II, (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata 72,17 pada siklus I menjadi 83,48 pada siklus II. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Kooperatif tipe STAD PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 PRINGSEWU UTARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -