<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE\r\nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN\r\nTAHUN 2009 DI LAMPUNG"^^ . "Kampanye merupakan salah satu tahapan dalam pemilu yang digunakan\r\nsebagai sarana untuk sosialisasi dan persuasi kepada masyarakat. Dengan waktu\r\nyang terbatas dan peraturan yang mengikat, kampanye pemilu diharapkan dapat\r\nmencapai hasil yang maksimal yaitu kemenangan. Oleh karena itu diperlukan cara\r\nyang efektif untuk meraih dukungan. Tesis ini memberikan gambaran tentang\r\npemasaran politik yang dilakukan ketiga pasang calon presiden dan wakil\r\npresiden yaitu Mega-Prabowo, SBY-Boediono, dan JK-Wiranto. Aktivitas\r\nkampanye yang dilakukan baik oleh calon secara langsung maupun tim kampanye\r\nmasing-masing di Provinsi Lampung pada kampanye pemilihan umum presiden\r\ndan wakil presiden tahun 2009, yang meliputi penawaran produk kampanye, caracara pendekatan terhadap masyarakat yang dilakukan untuk menjaring pemilih,\r\ndan alasan mengapa cara-cara tersebut dilakukan. Penelitian ini diharapkan dapat\r\nmemberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu politik yang berkaitan dengan\r\npolitik lokal, dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi partai politik dan para\r\npolitisi serta dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi masyarakat agar dapat\r\nlebih bijak dalam memutuskan sebuah pilihan dalam pemilu. Metode yang\r\ndigunakan adalah deskriptif kualitatif dan pengumpulan data diperoleh melalui\r\nwawancara dengan informan kunci, catatan hasil pengamatan penulis, dan studi\r\ndokumen pemberitaan di koran mengenai kegiatan kampanye yang dilakukan\r\ncalon beserta tim kampanyenya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: \r\n(1) Pemasaran politik sudah dilakukan oleh ketiga pasang calon dengan lebih\r\nbanyak menawarkan figur calon, (2) Pendekatan push marketing lebih banyak\r\ndilakukan daripada pass marketing dan pull marketing. Hal tersebut dilakukan\r\nkarena pengakuan keberadaan pemilih melalui interaksi secara langsung dapat\r\nmenjalin ikatan emosi yang lebih kuat sehingga lebih efektif memengaruhi pikiran\r\npemilih. (3) Produk politik yang menonjolkan figur dan push marketing dilakukan\r\ndalam rangka positioning agar calon mendapat simpati masyarakat. Dalam\r\npelaksanaannya, Tim Kampanye Megawati-Prabowo menghadapi kekurangan\r\nsumber daya manusia dalam pelaksanaan sosialisasi dan persuasi sehingga hanya\r\nbisa mempertahankan suara, belum mampu mempengaruhi massa mengambang\r\ndan simpatisan calon lain. Sedangkan Tim Kampanye SBY-Boediono dapat\r\nmempertahankan kesolidan dukungan dengan melakukan koordinasi dan\r\nkonsolidasi serta penguatan komitmen dari partai pendukung, organisasi maupun\r\nsimpatisan secara intensif. Namun Tim Kampanye JK-Wiranto mengakui\r\nkurangnya koordinasi dan konsolidasi di antara para pendukung serta mesin partai\r\nyang kurang dimanfaatkan secara maksimal.\r\nKata kunci: kampanye, pemasaran politik, positioning\r\n\r\nAbstract\r\n\r\nCampaign is a period of election which is used for persuading and\r\nsocializing. In limited time and bound regulation, election campaign is expected\r\nreach maximal result, win the competition. Hence, it is needed effective method to\r\nget public support. This thesis gives an overview of the political marketing made\r\nby three couples of candidates of president and vice president, Mega-Prabowo,\r\nSBY-Boediono, and JK-Wiranto. Campaign activities undertaken by the candidate\r\ndirectly or teams of each campaign in the province of Lampung on the\r\npresidential election campaign and vice president in 2009, which includes\r\ncampaigns product offerings, the ways people approach it takes to capture the\r\nvoters, and the reason why these method do. This research is expected give\r\ncontribution in political science especially political local, thinking contribution for\r\npolitical parties, politicians and societies hence they will be wiser in elections.\r\nThis research used qualitative descriptive method and data collection obtained\r\nthrough interviews with key informants, observation notes writer, and study\r\ndocuments in the newspaper coverage of the campaign activities of candidates and\r\ntheir teams. The research results showed that: (1) Political marketing was done by\r\nthe three pairs of candidates with emphasizing candidate figure as political\r\nproduct was offered than others; (2) Push Marketing was much used than pass\r\nmarketing and pull marketing. It was done because confession of voters through\r\ndirectly interaction can create sturdy emotional bond, hence, it was more effective\r\nto influence voters mind; (3) Political product which was emphasized and push\r\nmarketing method were done for positioning, in order to the candidates got\r\nsympathy from society. In its implementation, The Campaign Team of MegawatiPrabowo were facing shortage of human resources in the implementation of\r\nsocialization and persuasion that can only sustain their constituents but can not\r\ninfluence the floating masses and sympathizers of other candidates. While, The\r\nCampaign Team of SBY-Boediono can maintain the support by coordination and\r\nconsolidation, and strengthening the commitment of party supporters or\r\nsympathizers of the organization intensively. But Campaign Team of JK-Wiranto\r\nadmitted lack of coordination and consolidation among the supporters and the\r\nparty machine was less used.\r\nKeywords: campaign, political marketing, positioning"^^ . "2009-01-21" . . . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "LILIH MUFLIHAH"^^ . "NN"^^ . "LILIH MUFLIHAH NN"^^ . . . . . . "PEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE\r\nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN\r\nTAHUN 2009 DI LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "ABSTRACT Lilih Muflihah.pdf"^^ . . . "PEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE\r\nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN\r\nTAHUN 2009 DI LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "abstrak Lilih Muflihah.pdf"^^ . . . "PEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE\r\nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN\r\nTAHUN 2009 DI LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE\r\nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN\r\nTAHUN 2009 DI LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE\r\nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN\r\nTAHUN 2009 DI LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE\r\nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN\r\nTAHUN 2009 DI LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE\r\nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN\r\nTAHUN 2009 DI LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE\r\nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN\r\nTAHUN 2009 DI LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE\r\nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN\r\nTAHUN 2009 DI LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE\r\nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN\r\nTAHUN 2009 DI LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE\r\nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN\r\nTAHUN 2009 DI LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE\r\nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN\r\nTAHUN 2009 DI LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #19093 \n\nPEMASARAN POLITIK DALAM KAMPANYE \nPEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN \nTAHUN 2009 DI LAMPUNG\n\n" . "text/html" . . . " " . .