@misc{eprints1911, month = {Maret}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA LINGKUNGAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I SD NEGERI I WAY KANDIS BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013-2014}, author = {Marsaulina Sitompul }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1911/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan tema Lingkungan di SD Negeri I Way Kandis Bandarlampung, Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pembelajaran tematik pada tema Lingkungan di SD Negeri I Way Kandis Bandarlampung melalui media gambar. Ketuntasan belajar siswa dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang digunakan di SD Negeri I Way Kandis Bandar Lampung sebesar 6.5. Penelitian ini dilaksanakan dengan model Penelitian Tindakan Kelas melalui siklus berdaurulang. Setiap siklusnya terdiri atas : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) obsevasi, (4) refleksi. Hasil penelitian pembelajaran tematik dengan tema Lingkungan menggunakan media gambarmenunjukan bahwa : (1) terdapat peningkatan aktivitas siswa pada siklus I dan II. Dari hasil penilitian siklus I dan II terjadi peningkatan aktivitas sebesar 18,57\% dari 63,69\% menjadi 82,40\%, (2) kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dapat berlangsung baik. Peningkatan kinerja guru dari siklus I ke siklus II sebesar18,14\% dari 63,17\% menjadi 81,31\% (3) hasil pembelajaran tematik menunjukan peningkatan dengan ketuntasan belajarnya sebesar 48,57 dari 45,71\% menjadi 94,28\%, pada siklus I siswa yang tuntas belajar baru 16 siswa 47,71\% , pada siklus II meningkat menjadi 33 siswa 94,28\% dengan katagori ? sangat baik?. Kata Kunci :Aktivitas dan Hasil Belajar, Tematik, Media Gambar.} }