%0 Generic %A , Marsaulina Sitompul %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1911 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA LINGKUNGAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I SD NEGERI I WAY KANDIS BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013-2014 %U http://digilib.unila.ac.id/1911/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan tema Lingkungan di SD Negeri I Way Kandis Bandarlampung, Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pembelajaran tematik pada tema Lingkungan di SD Negeri I Way Kandis Bandarlampung melalui media gambar. Ketuntasan belajar siswa dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang digunakan di SD Negeri I Way Kandis Bandar Lampung sebesar 6.5. Penelitian ini dilaksanakan dengan model Penelitian Tindakan Kelas melalui siklus berdaurulang. Setiap siklusnya terdiri atas : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) obsevasi, (4) refleksi. Hasil penelitian pembelajaran tematik dengan tema Lingkungan menggunakan media gambarmenunjukan bahwa : (1) terdapat peningkatan aktivitas siswa pada siklus I dan II. Dari hasil penilitian siklus I dan II terjadi peningkatan aktivitas sebesar 18,57% dari 63,69% menjadi 82,40%, (2) kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dapat berlangsung baik. Peningkatan kinerja guru dari siklus I ke siklus II sebesar18,14% dari 63,17% menjadi 81,31% (3) hasil pembelajaran tematik menunjukan peningkatan dengan ketuntasan belajarnya sebesar 48,57 dari 45,71% menjadi 94,28%, pada siklus I siswa yang tuntas belajar baru 16 siswa 47,71% , pada siklus II meningkat menjadi 33 siswa 94,28% dengan katagori “ sangat baik”. Kata Kunci :Aktivitas dan Hasil Belajar, Tematik, Media Gambar.