?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+DENGAN+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN%0D%0ASTUDENT+TEAMS+ACHIEVMENT+DIVISION+(STAD)%0D%0APELAJARAN+IPA+PADA+SISWA+KELAS+V+SDN+1%0D%0ATALANG%2C+TELUK+BETUNG+SELATAN%0D%0ABANDAR+LAMPUNG&rft.creator=Zakirin+(alm)%2C+NUR+HADI&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Masalah+yang+ditemukan+pada+saat+pembelajaran+IPA+di+SDN+1+Talang+masih+di+dominasi+oleh+pembelajaran+menggunakan+metode+ceramah%2C+sehingga+siswa+kurang+aktif+pada+saat+pembelajaran.%0D%0ABegitu+juga+dengan+peran+guru+yang+masih+menjadi+titik+sentral+dalam+proses+pembelajaran+dikelas%2C+sehingga+aktivitas+siswa+masih+rendah+yang+pada+akhirnya+berpengaruh+pada+hasil+belajar+siswa%2C+sebagian+besar+siswa+masih+belum+tuntas+hasil+belajarnya.+Tujuan+dari+penelitian+tindakan+kelas+ini+adalah+untuk+mengetahui+masalah-masalah+yang+ada+dalam+proses+pembelajaran+di+kelas+serta+solusi+yang+harus+dilakukan.+Metode+penelitian+tindakan+kelas+ini+terdiri+dari+2+siklus%2C+tiap+siklus+terdiri+dari+satu+kali+tes+hasil+belajar.%0D%0ALangkah-langkah+pembelajaran+menggunakan+model+student+teams+achievment+division+(STAD)+yaitu%3A+1)+Siswa+dibentuk+menjadi+beberapa+kelompok%2C+tiap+kelompok+beranggotakan+5+(lima)+siswa%2C+2)+Guru+menyajikan+materi+pelajaran%2C+3)+Siswa+mengerjakan+tugas+dalam+kelompoknya+dengan+melakukan+demonstrasi+dan+diskusi%2C+4)+Siswa+yang+sudah+mengerti+dapat+menjelaskan+kepada+siswa+lainnya%2C+5)+Guru+memberi+pertanyaan+kepada+semua+siswa.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+pembelajaran+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+student+teams+achievment+division+(STAD)+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Hal+ini+dapat+dilihat+nilai+rata-rata+aktivitas+siswa+dari+siklus+I+dan+siklus+II+yang+meningkat.+Begitu+juga+dengan+nilai+rata-rata+hasil+belajar+siswa+meningkat+dari+siklus+I+dan+siklus+II.+Rata-rata+ketuntasan+pada+siklus+I+yaitu+28%25+atau+hanya+7+siswa+yang+tuntas+dari+25+siswa%2C+dan+meningkat+pada+siklus+II+yaitu+sebesar+92%25+atau+23+siswa+dari+25+siswa.%0D%0AKata+kunci%3A+Model+Pembelajaran+STAD%2C+Hasil+Belajar%2C+Aktivitas+Belajar.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-07-09&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F5%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F6%2FDAFTAR%2520%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F13%2FLAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf&rft.identifier=++Zakirin+(alm)%2C+NUR+HADI++(2014)+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+DENGAN+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+STUDENT+TEAMS+ACHIEVMENT+DIVISION+(STAD)+PELAJARAN+IPA+PADA+SISWA+KELAS+V+SDN+1+TALANG%2C+TELUK+BETUNG+SELATAN+BANDAR+LAMPUNG.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1914%2F