@article{eprints19149, month = {Desember}, title = {ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI DAN PEMASARAN JAGUNG VARIETAS HIBRIDA PADA LAHAN SAWAH IRIGASI DI KECAMATAN PALAS KABUPATEN LAMPUNG SELATAN}, author = {Fitri Rosalia1 nn and Teguh Endaryanto2 nn and Suriaty Situmorang2 nn}, year = {2012}, journal = {digital library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/19149/}, abstract = {Penelitian bertujuan untuk menganalisis pendapatan usahatani dan efisiensi sistem pemasaran jagung varietas hibrida pada lahan sawah irigasi di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian dilaksanakan di Desa Palas Jaya dan Desa Pulau Tengah Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Pengambilan sampel petani jagung dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling), sedangkan sampel lembaga perantara pemasaran atau pedagang ditentukan dengan teknik snowball sampling. Jumlah sampel terdiri dari petani sebanyak 41 petani jagung, pedagang pengumpul I sebanyak 4 orang, pedagang pengumpul II sebanyak 3 orang, dan pedagang besar sebanyak 2 orang. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan November 2009 - Januari 2010. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif (statistik) dan kualitatif (deskriptif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Usahatani jagung hibrida pada lahan sawah irigasi di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan menguntungkan bagi petani, dengan rasio antara penerimaan dengan total biaya sebesar 1,55, (2) Sistem pemasaran jagung varietas hibrida di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan berlangsung secara tidak efisien. Hal ini ditunjukkan oleh rantai pemasaran yang masih panjang, Ratio Profit Margin (RPM) tidak merata, dan nilai elastisitas transmisi harga lebih dari satu, yaitu sebesar 1,483 yang menunjukkan bahwa pasar yang terjadi adalah pasar tidak bersaing sempurna. 1. Alumni Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Lampung 2. Dosen Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Lampung} }