@misc{eprints1919, month = {Juli}, title = {PENERAPAN METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV D SD KARTIKA II-5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013}, author = {PRISINTIA WAHYU UTAMI Kusudianto}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1919/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV D SD Kartika II-5 Bandar Lampung pada pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menerapkan metode permainan menggunakan media sirkuit matematika di kelas IV D SD Kartika II-5 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian yang digunakan berbentuk siklus yang terdiri dari empat tahapan pokok yang saling berkait dan berkesinambungan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 71,27\% (cukup aktif) dan siklus II sebesar 82,65\% (aktif). Kemudian persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 51,21\%, setelah diadakan PTK hasil belajar siswa meningkat menjadi 68,29\% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 87,80\%. Peningkatan hasil belajar siswa didukung uji perbedaan hasil tes formatif dengan menggunakan t-tes, didapatkan hasil thitung (siklus Pra siklus-Siklus I) = 2.892 {\ensuremath{>}} ttabel= 2.021 dan thitung (siklus I-II) = 3.343 {\ensuremath{>}} ttabel= 2.021 pada ketentuan {\ensuremath{\alpha}} = 0.05. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV D SD Kartika II-5 Bandar Lampung dengan menerapkan metode permainan menggunakan langkahlangkah yang tepat. Kata kunci : Metode permainan, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa.} }