%A Ria Novitasari Buang %T PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara penggunaan model mind mapping dan problem based learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa dan untuk mengetahui perbedaan efektivitas penggunaan model pembelajaran mind mapping dan problem based learning pada mata pelajaran ekonomi kelas VII SMP Negeri 9 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Jumlah sampel sebanyak dua kelas, masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Satu kelas diperlakukan sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lagi diperlakukan sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data berupa tes prestasi belajar yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 50 item yang diberikan kepada siswa di awal dan di akhir pembelajaran. Hasil uji hipotesis, untuk hipotesis yang pertama dengan uji Anava diperoleh Sig. 0,003<0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model mind mapping dan problem based learning. Sedangkan untuk hipotesis yang kedua dengan perhitungan manual menggunakan rumus diperoleh hasil keefektifan penggunaan model mind mapping dan problem based learning adalah 0,78 yang artinya penggunaan model problem based learning lebih efektif dibandingkan model pembelajaran mind mapping. Kata Kunci: Hasil Belajar, Mind Mapping dan Problem Based Learning. %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas KIP %L eprints192