@misc{eprints1920, month = {September}, title = {MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUMUR BATU BANDAR LAMPUNG}, author = {RENI ANTIKA Mursalin (Alm)}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1920/}, abstract = {Pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas V SD Negeri 1 Sumur Batu belum berlangsung seperti yang diharapkan. Berdasarkan observasi awal diperoleh data masih rendahnya tingkat aktivitas belajar, kemampuan membaca pemahaman dan ketuntasan belajar dari 30 orang siswa terdapat 12 orang siswa (40\%) belum mencapai nilai KKM 65 dan Kriteria ketuntasan yang ditentukan 75\%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa, kinerja guru, dan kemampuam membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alur dalam penelitian tindakan kelas diawali dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Alat pengumpulan data berupa lembar observas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan persentase aktivitas belajar siswa, pada siklus 1 mendapat nilai rerata 61,66\% dalam kategori cukup aktif dan pada siklus II menjadi 76,33\% dengan kategori aktif. Kemampuan membaca pemahaman siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus 1 yaitu sebesar 60\% meningkat menjadi 83,33\% pada akhir siklus II. Peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus 1 ke siklus II yaitu sebesar 23,33\%. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Kemampuan membaca pemahaman, CIRC} }